Stasiun Klaten merupakan bagian dari jalur kereta api pertama di Indonesia yang diresmikan pada 9 Juli 1871 dan stasiun pertama yang dibangun di antara Solo-Jogja,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa progres revitalisasi Stasiun Klaten di Jawa Tengah telah mencapai 80,52 persen, sebagai upaya peningkatan fasilitas transportasi publik untuk kenyamanan penumpang.
 

"Per 10 Oktober 2024, progres pengerjaan beautifikasi Stasiun Klaten mencapai 80,52," kata Menhub dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Revitalisasi yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan meliputi berbagai aspek penting, seperti hall utama, fasilitas umum, mushala, toilet, dan hall ticketing.

Selain itu, selasar dan peron, ruang tunggu luar, ruang kantor, bangunan ekspedisi, kantong parkir, landscape, dan area parkir, serta bekas rumah dinas.

Menhub menjelaskan bahwa Stasiun Klaten merupakan bagian dari jalur kereta api pertama di Indonesia, yang diresmikan pada 9 Juli 1871.

Dia menyebut bahwa stasiun itu juga merupakan stasiun pertama yang dibangun di antara jalur Solo-Jogja, sehingga memiliki nilai sejarah yang penting.

"Stasiun Klaten merupakan bagian dari jalur kereta api pertama di Indonesia yang diresmikan pada 9 Juli 1871 dan stasiun pertama yang dibangun di antara Solo-Jogja," ujarnya.

Budi menekankan bahwa revitalisasi Stasiun Klaten dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Hal ini penting mengingat Stasiun Klaten menjadi salah satu titik aglomerasi transportasi dari Solo hingga Purworejo.

"Beautifikasi Stasiun Klaten untuk kenyamanan pelanggan. Sebab, Stasiun Klaten menjadi salah satu titik aglomerasi dari Solo hingga Purworejo," tutur Menhub.

Ia juga menjelaskan rencana ke depan untuk memisahkan jalur naik-turun penumpang kereta jarak jauh dan lokal.

"Kami merencanakan membangun stasiun di seberang terminal. Stasiun yang sekarang akan digunakan untuk perjalanan jarak jauh, sedangkan yang di sebelah selatan akan digunakan untuk perjalanan lokal, yang sehari bisa mencapai 24 perjalanan," jelasnya.

Selain revitalisasi Stasiun Klaten, Menhub juga menyinggung rencana pengoperasian Kereta Bandara Adi Soemarmo untuk rute Madiun ke Bandara Adi Soemarmo.

"Kereta yang tadinya dari Solo menuju Klaten akan dialihkan ke rute bandara menuju Madiun, karena populasi Madiun lebih banyak," tambahnya.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024