Surabaya (ANTARA) - Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyebut sebanyak 81,8 persen warga Jawa Timur puas terhadap kinerja pemerintah provinsi setempat dalam mengatasi masalah banjir selama lima tahun terakhir.

"Sebanyak 81,8 persen warga Jatim puas atas kinerja Pemprov Jatim mengatasi masalah banjir," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Surabaya, Senin.

Dalam survei ARCI, sebanyak 81,8 persen responden puas atas kinerja Pemprov Jatim menangani banjir. Ada sebanyak 12,1 persen responden yang kurang puas, dan 6,1 persen tidak menjawab.

Menurut Baihaki, Pemprov Jatim melalui dinas terkait berhasil mengatasi masalah banjir terutama di wilayah-wilayah sungai yang sering meluap.

"Responden mayoritas memberikan alasannya bahwa problem banjir sudah mulai turun dalam lima tahun terakhir. Dan mayoritas responden melihat kerja dari dinas terkait untuk turun aktif membereskan problem banjir yang biasanya diawali dari aliran sungai ke laut harus lancar dan tidak banyak bertumpuk sampah," ujarnya.

Secara umum, kata Baihaki, sebanyak 80 persen warga puas atas kinerja Pemprov Jatim dalam penanganan masalah tersebut.

Survei ARCI dilakukan pada 1-9 Oktober 2024. Survei dilakukan di 38 kabupaten/kota Jawa Timur dengan jumlah responden sebanyak 1.200.

Survei ARCI menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error di angka 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
Baca juga: ARCI: Elektabilitas Khofifah-Emil ungguli pasangan calon lain
Baca juga: Archi Indonesia membidik pendapatan tumbuh 15 persen di 2024
Baca juga: ARCI rilis elektabilitas bakal calon bupati dalam Pilkada Jember

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024