Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyediakan program pelatihan secara gratis untuk masyarakat Indonesia. Program tersebut dapat diakses melalui laman SkillHub yang terdapat di platform atau situs SIAPkerja Kemnaker.

Dalam program yang dibiayai oleh pemerintah ini, tersedia banyak pelatihan gratis, mulai dari pariwisata, tata kecantikan, kuliner, teknik otomotif, informasi dan lain sebagainya.

Setelah menyelesaikan pelatihan, Anda akan mendapatkan peningkatan keterampilan dan sertifikat.

Cara mengikuti pelatihan gratis di Kemnaker

1. Kunjungi situs resmi https://skillhub.kemnaker.go.id/pelatihan/gratis-oleh-kemnaker.

2. Jika Anda belum memiliki akun, di sarankan untuk mendaftar terlebih dahulu dengan mengklik “Daftar” di sebelah kanan pada format PC dan sebelah kiri pada format smartphone.

3. Lakukan pendaftaran dengan memasukkan NIK, nama lengkap dan nama ibu kandung, kemudian pilih “Berikutnya”.

4. Setelah itu Anda akan diminta masukkan alamat email, nomor handphone dan password. Jika sudah terisi pilih “Berikutnya” dan tunggu untuk verifikasi kode OTP yang telah dikirimkan melalui nomor handphone yang di daftarkan.

5. Apabila proses pendaftaran telah selesai, silahkan masuk dan login kembali untuk melanjutkan dalam mengikuti pelatihan gratis.

6. Pada laman beranda klik “Akun” untuk melengkapi data diri yang tertera di bagian kanan bawah.

7. Kemudian pilih “Lengkapi profil” dengan beberapa langkah mulai dari, foto profil, biodata, pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan, sertifikasi, pencapaian, bahasa dan keahlian. Apabila telah dilengkapi semua klik “Simpan dan Kirim”.

8. Selanjutnya Anda dapat memilih program pelatihan sesuai yang diinginkan melalui kolom pencarian atau dasbor pengelola yang berada diposisi kanan atas.

9. Apabila sudah menemukan pelatihan yang Anda inginkan, sebaiknya baca terlebih dahulu terkait detail pelatihan nya. Karena beberapa pelatihan dilaksanakan secara online ataupun offline.

10. Lalu pilih pelatihan yang bertuliskan Gratis dan klik “Ikut Pelatihan”.

11. Kemudian akan muncul terkait daftar pelatihan tersebut dengan cara memilih jadwal yang disesuaikan dengan jadwal Anda.

12. Apabila sudah sesuai dengan jadwal dan keinginan Anda, dapat klik “Daftarkan Sekarang” diposisi kanan.

13. Pelatihan yang Anda inginkan sudah terdaftar dan Anda hanya tinggal menunggu jadwal yang telah ditentukan.


Baca juga: Persyaratan umum melamar pekerjaan

Baca juga: Berapa gaji satpam? Simak penjelasannya

Baca juga: Ingin melamar kerja? Siapkan berkas persyaratan dari sekarang
 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024