Kuala Lumpur (ANTARA News) - Empatpuluh dua orang belum ditemukan setelah kapal yang membawa 97 orang Indonesia tenggelam dua mil laut (sekitar 3,7 kilometer) dari pantai Sungai Air Hitam, Malaysia, Rabu pagi, kata media setempat.

Hingga pukul 10.30 waktu setempat, 55 orang --41 lelaki, 12 perempuan dan dua anak kecil-- telah diselamatkan oleh tim pertolongan dan nelayan lokal, kata harian New Straits Times.

Harian tersebut mengutip Direktur Operasi Lembaga Pelaksana Kelautan Malaysia (MMEA) Kapten Ibrahim Mohamed --yang mengatakan kapal itu diduga berlayar menuju Aceh, Indonesia.

"MMEA telah mengirim satu kapal, tiga perahu dan satu helikopter ke lokasi dengan melibatkan 35 petugas dan personel. Kami juga dibantu oleh lembaga pelaksana hukum termasuk Deprtemen Pertolongan dan Pemadam, polisi laut dan Departemen Pertahanan Sipil," kata Kapten Ibrahim sebagaimana dikutip Xinhua.

Sementara itu, surat kabar berbahasa Inggris lokal, The Star, dengan mengutip beberapa sumber polisi melaporkan kapal tersebut tidak terbalik, sebagaimana diduga semula, tapi kebocoran di badan kapal membuatnya tenggelam.

The Star juga menyatakan para penumpangnya sedang dalam perjalanan ke Indonesia dan tidak memiliki surat identifikasi diri dan dokumen perjalanan sah, demikian Xinhua.

(C003)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014