Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Jayapura mengajak warga di daerahnya berkendara secara bijak dan menghindari minuman beralkohol.
 
Kasat Lantas Polres Jayapura AKP Baharuddin Buton di Sentani, Senin, mengatakan bahwa imbaun seperti itu selalu disampaikan untuk meminimalkan kecelakaan lalu lintas.

Ia menyebutkan telah terjadi kecelakaan tunggal yang terjadi di Jalan Poros Abepura-Sentani, tepatnya di Kampung Kleuwblow, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura pada Senin.

“Sebuah mobil Avanza berwarna putih dengan nomor polisi PA 1899 JM yang dikemudikan oleh KM (23), mengalami kecelakaan saat melaju dengan kecepatan tinggi,” katanya.

Menurut Kasat Lantas, berdasarkan keterangan, mobil yang dikemudikan oleh KM melaju dari arah Sentani menuju Kampung Asei Kecil. Ketika mencapai tikungan yang curam di dekat Kampung Asei Kecil, pengemudi berusaha mengurangi kecepatan, namun tidak berhasil mengendalikan kendaraan.

“Akibatnya mobil melebar ke kanan, menabrak median jalan, dan akhirnya terbalik di jalur yang berlawanan arah dan di dalam mobil tersebut juga terdapat penumpang, seorang anak laki-laki berusia 10 tahun berinisial GK, baik pengemudi maupun penumpang mengalami luka-luka ringan akibat kecelakaan tersebut,” ujarnya.

Dia menjelaskan kecelakaan ini diduga terjadi karena kurangnya kehati-hatian pengemudi yang mengemudikan kendaraan dalam kondisi kecepatan tinggi.

“Pengemudi diduga berada di bawah pengaruh minuman beralkohol pada saat kejadian, sehingga ini harus menjadi catatan penting bagi masyarakat lainnya,” katanya.

Dia mengharapkan kesadaran masyarakat dalam berkendara perlu untuk ditingkatkan sehingga kecelakaan seperti ini tidak perlu terjadi.

“Bawalah kendaraan dengan bijak supaya penumpang maupun pengendara sendiri dapat tiba dengan selamat dan kecelakaan dapat dihindari,” ujarnya.

 Baca juga: Polres Jayapura ingatkan warga taat aturan berkendara cegah kecelakaan
Baca juga: Polres Jayapura minta warga gereja bantu sosialisasikan bahaya narkoba

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024