Jakarta (ANTARA) - Duta Besar (Dubes) Republik Rakyat China untuk Republik Indonesia (RI) ke-14 Wang Lutong tiba di Jakarta pada akhir pekan lalu, dan menegaskan komitmen untuk meneruskan kerja sama yang kuat antara kedua negara di masa mendatang.

Wang mengatakan bahwa hubungan kedua negara telah berkembang pesat secara konsisten di bawah kepemimpinan kepala negara China dan Indonesia. Hubungan China dan Indonesia juga telah memasuki tahap baru di mana kepercayaan politik kian mendalam, kerja sama membuahkan hasil nyata, dan pertukaran sosial serta budaya semakin aktif.

 "Melalui komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama, kami akan terus bergandengan tangan dengan Indonesia, saling mendukung di jalan menuju modernisasi dan revitalisasi bangsa masing-masing, mendorong perkembangan hubungan bilateral kedua negara secara stabil dalam jangka panjang," ujar Wang dalam keterangan tertulis.

Dubes Wang berharap kemitraan China dan Indonesia bukan hanya berdampak positif bagi kedua negara, tetapi juga berkontribusi pada perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran dunia ke depannya. Hal ini disampaikan dalam rangka memperingati 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara dan 70 tahun Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika pada 2025 mendatang.

Wang berjanji akan memberikan gambaran baru terhadap "Kemitraan Strategis Komprehensif" China dan Indonesia yang sudah berusia satu dekade. Selain itu, Wang juga akan meneruskan persahabatan kedua negara, mendorong kerja sama, dan menjaga kepentingan bersama rakyat kedua negara.

Dubes Wang menggantikan dubes ke-13 Lu Kang yang telah menyelesaikan masa jabatannya pada Mei 2024 lalu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024