"Saya mau menyerahkan undangan dan memperkenalkan diri,"
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Ahmad Muzani tiba di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin siang, untuk menyampaikan undangan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya mau menyerahkan undangan dan memperkenalkan diri," katanya saat ditanya maksud kedatangannya ke Istana Kepresidenan Jakarta.

Ahmad Muzani tiba sekitar pukul 13.56 WIB didampingi delapan wakil ketua MPR RI 2024-2029, yakni Bambang Wuryanto, Kahar Muzakir, Edhie Baskoro Yudhoyono, Hidayat Nur Wahid, Eddy Soeparno, Abcandra Muhammad Akbar Supratman, Lestari Moerdijat, dan Rusdi Kirana.

Ahmad Muzani beserta wakilnya berjalan menuju Istana Merdeka Jakarta melalui Pintu Pilar Istana untuk bersilaturahmi sekaligus menyampaikan undangan.

Sebelumnya, pimpinan MPR RI terlebih dahulu menyambangi Prabowo Subianto yang masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI, Jakarta, sekitar pukul 11.00 WIB.

Usai menyerahkan undangan kepada Jokowi, berikutnya pimpinan MPR RI akan menemui Wakil Presiden RI Kiai Ma'ruf Amin di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, sekitar pukul 16.00 WIB.

Adapun berdasarkan agenda yang diterima ANTARA, pertemuan pimpinan MPR RI dengan Gibran akan dilangsungkan di salah satu restoran di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, sekitar pukul 18.30 WIB.

Agenda pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih diagendakan berlangsung pada 20 Oktober 2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, pada 20 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB.

Ahmad Muzani menyebut proses pelantikan akan menggunakan tradisi-tradisi yang pernah digelar sebelumnya. Agendanya mulai dari pembukaan, pembacaan Surat Keputusan KPU, prosesi pelantikan, pembacaan berita acara, pidato presiden yang baru, dan penutup.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024