Bantuan ini merupakan bagian dari upaya tanggap darurat yang dilakukan Pemprov Kalsel untuk memastikan para korban mendapat pertolongan dan dukungan yang dibutuhkan
Banjarmasin (ANTARA) - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan bantuan bagi Anak Buah Kapal (ABK) KN Sabar Subur yang dievakuasi Tim SAR gabungan usai tenggelam di perairan Laut Jawa, Karimunjawa.

Kepala Bidang Penanganan Bencana Dinsos Kalsel Achmadi mengatakan 11 ABK asal Rembang, Jawa Tengah (Jateng), itu mendapatkan pelayanan tempat beristirahat.

"Bantuan ini merupakan bagian dari upaya tanggap darurat yang dilakukan Pemprov Kalsel untuk memastikan para korban mendapat pertolongan dan dukungan yang dibutuhkan," kata Achmadi di Banjarmasin, Senin.

Achmadi menyampaikan bantuan yang diberikan berupa kebutuhan dasar, seperti makanan, pakaian, pelayanan kesehatan, tempat penampungan sementara, dan psikososial akibat trauma.

Baca juga: Tim SAR evakuasi 11 kru kapal yang tenggelam di perairan Karimunjawa

Achmadi menuturkan Dinsos Kalsel menurunkan tim untuk memberikan bantuan kepada para ABK yang selamat dan memastikan mendapatkan penanganan yang layak dari segi fisik maupun psikologis. "Kami juga bekerja sama dengan instansi lain untuk menangani korban yang mengalami cedera," ujarnya. 

Berdasarkan laporan yang diterima, Achmadi mengungkapkan kapal yang membawa sejumlah ABK tersebut tenggelam akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi di Laut Jawa.

Ia memastikan Dinsos Kalsel akan terus memantau perkembangan kondisi para ABK dan siap memberikan bantuan lanjutan jika diperlukan dan menunggu pihak perusahaan atau pemilik kapal pada beberapa hari ke depan.

Achmadi mengharapkan para ABK korban tenggelam segera pulih dan melanjutkan aktivitas sebagai nelayan dengan kewaspadaan tinggi.

Baca juga: Tim SAR evakuasi ABK asal Sulsel yang tenggelam di perairan Kalsel

Ia juga menyampaikan imbauan bagi masyarakat atau nelayan agar meningkatkan kewaspadaan di tengah cuaca yang kurang bersahabat dan memastikan setiap kapal yang berlayar sudah mematuhi prosedur keselamatan yang ditetapkan.

Sebelumnya tim SAR gabungan mengevakuasi 11 ABK Kapal Nelayan (KN) Sabar Subur ke Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalsel, usai tenggelam di  Laut Jawa sekitar Pulau Karimunjawa pada Minggu (13/10).

Kepala Basarnas Banjarmasin I Putu Sudayana mengatakan 11 ABK itu tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada Minggu sekitar pukul 20.10 WITA dalam keadaan selamat berkat bantuan Tim SAR gabungan.

"Para korban dibawa ke Pelabuhan Trisakti menggunakan Kapal Motor (KM) Satya Kencana 3. Setelah tiba, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banjarmasin dibantu tim langsung memeriksa kondisi para korban kapal tenggelam," tutur Putu.

Baca juga: Bakamla evakuasi 125 penumpang KM Niki Sejahtera terbakar di Masalembo

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024