Jakarta (ANTARA) -
Penyanyi K-Pop Seunghan meninggalkan boy grup RIIZE, menurut unggahan media sosial dari akun resmi grup tersebut.
 
Ditulis laman The Hollywood Reporter, Minggu (13/10), berita itu muncul hanya dua hari setelah Wizard Production, tim produksi SM Entertainment yang bertanggung jawab atas grup tersebut, mengumumkan bahwa penyanyi berusia 21 tahun itu akan kembali setelah lama ditunggu-tunggu setelah absen hampir setahun.
 
Dalam sebuah pernyataan yang diunggah di akun resmi RIIZE di X (sebelumnya Twitter) pada 13 Oktober, yang diterjemahkan oleh Soompi, Wizard Production meminta maaf kepada BRIIZE (nama resmi untuk basis penggemar grup tersebut) karena telah "menyakiti" dan "menyebabkan kebingungan" dengan pengumuman mereka pada 11 Oktober bahwa Seunghan akan kembali ke grup tersebut.
 
“Kami [Wizard Production] mencurahkan hati dan jiwa kami untuk merencanakan RIIZE bahkan sebelum mereka debut, dan kami telah memutuskan bahwa babak selanjutnya dari RIIZE akan lebih bermakna jika ketujuh anggotanya bersama-sama. Oleh karena itu, setelah banyak berdiskusi dengan staf dan anggota tentang arah kegiatan grup di masa mendatang, telah diputuskan bahwa Seunghan akan kembali ke grup,” tulis pernyataan Wizard Production melalui X.
Pembalikan cepat tersebut tampaknya mengejutkan basis penggemar grup tersebut, dengan banyak balasan dan unggahan ulang yang datang dari penggemar yang tampaknya terkejut dan kesal.
 
Seunghan menjalani masa jeda tanpa batas waktu pada November 2023 setelah foto dan video dari kehidupan pribadinya sebelum grup tersebut debut bocor secara daring. Foto dan video yang bocor itu memperlihatkan dia mencium seorang wanita tak dikenal di ranjang dan menghisap sebatang rokok.
 
Pernyataan pada 13 Oktober itu mengatakan bahwa perusahaan tersebut mengira Seunghan kembali setelah "merenungkan kesalahannya di masa lalu" akan bisa memberikan artis dan penggemar kebahagiaan yang lebih besar.
 
"Namun, setelah pengumuman kepulangannya, kami merenungkan dengan saksama setiap pendapat dan tanggapan yang dikirim oleh penggemar, dan kami menyadari bahwa keputusan kami sebenarnya telah lebih menyakiti penggemar dan malah menyebabkan kebingungan yang lebih besar."
 
Pernyataan itu melanjutkan, pada saat yang sama, Seunghan secara konsisten telah menyatakan keinginannya untuk meninggalkan grup demi para anggota dan penggemar. Demi menghormati keputusan artis tersebut, pihak Wizard Production mengumumkan kepergian Seunghan dari RIIZE, alih-alih bergabung dengan grup.
 
Seunghan juga menjelaskan kepergiannya dari grup melalui surat tulisan tangan yang diunggah di platform penggemar Weverse. Ia mengatakan merasa khawatir jika perbuatannya menjadi bagian buruk untuk RIIZE yang seharusnya dicintai. Ia pun meminta maaf dan keluar dari group adalah jalan yang benar.
 
“Jadi menurutku, keluarnya aku dari grup adalah jalan yang benar untuk semua orang. Aku tidak ingin membuat penggemar terluka atau bingung lagi, dan aku tidak ingin menyakiti para anggota lebih jauh lagi, dan aku juga tidak ingin menyakiti perusahaan lebih jauh lagi," lanjutnya dalam pernyataan tersebut.
 
Penyanyi itu menambahkan dalam pernyataannya bahwa ia tidak ingin hubungan antara RIIZE dan para penggemarnya menjadi "rusak." Ia mengatakan tidak ingin para penggemar saling bertengkar hanya karenanya.
 
Pada saat artikel ini dipublikasikan, petisi Change.Org yang dibuat pada tanggal 13 Oktober berjudul “Kami ingin Seunghan kembali! Riize berusia 7 tahun!!!!!” yang diunggah oleh pengguna bernama Lauren Lim telah mengumpulkan lebih dari 85.000 tanda tangan .

Baca juga: Seunghan RIIZE umumkan hiatus dari grup mulai November

Baca juga: Seunghan RIIZE minta maaf atas kecerobohan di masa lalu

Baca juga: RIIZE siap gelar jumpa penggemar perdana, dihadiri Seunghan?

 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024