PT PAMA melaksanakan kegiatan DEI Move, PAMA menggaungkan pentingnya keberagaman melalui Program DEI Move 2024 ini
Jakarta (ANTARA) - PT Pamapersada Nusantara (PAMA) menggaungkan pentingnya keberagaman melalui Program DEI (Diversity, Equity & Inclusion) Move 2024, sebagai bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang pendidikan.

"PT PAMA melaksanakan kegiatan DEI Move, PAMA menggaungkan pentingnya keberagaman melalui Program DEI Move 2024 ini," kata CSR Department Head PAMA Maidi Irvan dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Acara puncak DEI Move 2024 digelar dengan melibatkan ratusan siswa-siswi dari sekolah berbagai daerah dengan mengedepankan tema “Bersama Memberi Dampak Melalui Kreativitas Tanpa Batas dan Menginspirasi Dunia”.

Maidi menuturkan bahwa tujuan utama kegiatan itu tidak hanya untuk meningkatkan kreativitas para peserta, tetapi juga memberikan pemahaman bahwa setiap individu berhak didengar dan dapat memberikan kontribusi yang sama.

Puncak acara diisi dengan sesi seminar nasional dan awarding bagi pemenang kompetisi yang telah diadakan sebelumnya, mencakup tiga kategori, yakni videografi, fotografi dan poster.

Peserta yang hadir dalam acara ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi, mencerminkan keragaman latar belakang para siswa.

Baca juga: PAMA transformasi visi bertajuk berkelanjutan-berbakti untuk negeri

Baca juga: PAMA Persada salurkan 3.000 mealbox untuk korban banjir Muara Enim


Dia menyebutkan total peserta yang mengikuti kompetisi DEI Move 2024 sebelumnya mencapai 250 orang, dengan siswa-siswi terbaik dari setiap kategori diundang secara langsung untuk menghadiri acara puncak.

Awarding DEI Move 2024 yang digelar pada pada 11 Oktober 2024, diberikan kepada siswa-siswi tingkat SMA/SMK yang terpilih sebagai pemenang dari tiga kategori tersebut, sebagai bentuk apresiasi atas kreativitas dan inovasi mereka.

Maidi menjelaskan bahwa meskipun peserta yang hadir bukan dari kelompok marginal, mereka tetap diharapkan memiliki empati untuk selalu memperlakukan semua orang secara adil.

Ia menambahkan PAMA juga menerapkan prinsip DEI dalam proses perekrutan karyawan, dengan membuka posisi bagi penyandang disabilitas sesuai dengan kemampuan dan kualifikasi mereka.

Sesi seminar nasional dalam acara puncak DEI Move 2024 menghadirkan dua pembicara utama, Nathasya Priyanka dan Vania F. Herlambang, yang membawakan topik-topik penting bagi generasi muda.

Nathasya dan Vania membahas tentang pengembangan diri serta gaya hidup berkelanjutan (sustainable lifestyle), topik yang dinilai relevan untuk disampaikan di tengah perubahan sosial saat ini.

Topik pengembangan diri dipilih untuk mendorong siswa-siswi agar lebih percaya diri dalam berkreasi dan berinovasi, sementara gaya hidup berkelanjutan penting untuk menyadarkan akan dampak lingkungan.

DEI Move 2024 tidak hanya memperkaya pengetahuan dan kreativitas siswa, tetapi juga menjadi platform untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keadilan, inklusi, dan kesetaraan di setiap aspek kehidupan.

PAMA berharap melalui kegiatan itu, para siswa dapat menjadi agen perubahan di masyarakat, menginspirasi orang lain, dan membawa dampak positif melalui prinsip-prinsip DEI yang mereka pelajari.

Baca juga: DLH Paser Kaltim dan PT PAMA tanam 3.000 bibit pohon di Batu Engau

Baca juga: PAMA siapkan SDM unggul berbasis digital di sekitar wilayah tambang


 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024