Islamabad (ANTARA) - Para akademisi dan pakar Pakistan berpendapat bahwa Organisasi Kerja Sama Shanghai (Shanghai Cooperation Organization/SCO) mendorong kerja sama multilateral dan mengatasi berbagai tantangan bersama di tengah ketidakpastian geopolitik dan ekonomi.

Dalam konferensi tentang SCO yang diselenggarakan oleh Institut Kajian Strategis Islamabad (Institute of Strategic Studies Islamabad/ISSI), sebuah wadah pemikir (think tank) yang berbasis di Islamabad, Babar Amin, selaku koordinator nasional pertama Pakistan untuk SCO, pada Jumat (11/10) menyoroti peran strategis Pakistan dalam mendorong konektivitas dan kerja sama keamanan regional di bawah kerangka kerja SCO.

Berada di persimpangan antara Asia Selatan, Asia Tengah, dan Timur Tengah, lokasi strategis Pakistan menjadikannya saluran perdagangan yang ideal, ungkap Babar Amin. Dia menambahkan bahwa Pakistan sedang memfokuskan perhatian untuk berinvestasi dalam kapasitas konektivitas guna memajukan visi bersama demi kawasan yang terintegrasi secara ekonomi.

Babar Amin mengatakan Pakistan berupaya memajukan kerja sama ekonomi, konektivitas, dan inisiatif keamanan meski muncul berbagai tantangan regional.

Berbicara mengenai Pertemuan Dewan Kepala Pemerintahan SCO ke-23 mendatang di Islamabad, Amina Masood, seorang profesor fakultas ilmu sosial di Universitas Islam Internasional Islamabad, menyebutkan bahwa acara mendatang tersebut akan memberikan kesempatan yang belum pernah ada sebelumnya bagi pertemuan bilateral dan multilateral yang ditujukan untuk mengamankan kerja sama ekonomi dan budaya

Amina Masood menjelaskan pentingnya memanfaatkan forum SCO untuk meningkatkan perdagangan dan kemitraan teknis Pakistan dengan negara-negara Asia Tengah dan Asia Selatan. Dia menambahkan bahwa lebih banyak lagi bidang, termasuk pertukaran akademis dan budaya, perlu dieksploitasi untuk kerja sama regional yang lebih besar.

Mantan menteri luar negeri Pakistan sekaligus direktur jenderal ISSI Sohail Mahmood mengatakan bahwa meskipun hasil yang ideal diinginkan dari platform multilateral SCO, berbagai kenyataan dan tantangan juga harus diakui, yang menekankan bahwa kemajuan yang ada harus didukung dan diperkuat.

Menyoroti pengaruh ekonomi SCO yang terus meningkat, Mahmood mencatat bahwa perdagangan di antara para anggota SCO telah berkembang secara signifikan sejak berdirinya organisasi tersebut hingga saat ini, yang mencerminkan semakin besarnya pengaruh dan relevansi global dari SCO.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024