Batam (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dan Singapore Coast Guard mempererat dan memperkuat sinergitas dalam menjaga keamanan, keselamatan dan penegakan hukum (KKPH) di wilayah perairan antara kedua negara melalui misi Muhibah KN Pulau Dana-323.

Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara dikonfirmasi di Batam, Kepulauan Riau, Senin, mengatakan KM Pulau Dana-323 telah berlabuh di Singapura setelah sebelumnya menjalankan misi yang sama di Vietnam.

“Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Irvansyah melaksanakan courtesy call (upacara kehormatan) dengan Komandan Singapore Police Coast Guard (SPCG) SAC Cheang Keng Keong, di Kantor Pusat SPCG, Singapura, Senin (14/10),” kata Yuhanes.

Dia menjelaskan kegiatan ini diawali dengan perkenalan masing-masing jajaran oleh Kepala Bakamla RI dan Komandan SPCG.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian misi Muhibah KN Pulau Dana-323 ke Vietnam dan Singapura, yang bertujuan mempererat dan memperkuat sinergitas Bakamla RI dan SPCG menjaga keamanan, keselamatan dan penegakan hukum di perairan antarkedua negara,” katanya.

Menurut Yuhanes, dalam pertemuan tersebut Komandan SPCG menyampaikan keinginan untuk melakukan kunjungan atau port visit ke Jakarta yang akan dilaksanakan tahun depan.

“Komandan SPCG juga berharap Bakamla RI bisa bergabung dalam latihan penanggulangan penyeludupan bersama SPCG yang juga dilaksanakan tahun depan,” katanya.

Ajakan tersebut, kata dia, disambut positif oleh Kepala Bakamla RI yang membuka lebar peluang kerja sama yang ditawarkan SPCG.

“Dengan banyaknya kerja sama yang dilakukan, merupakan bukti nyata bahwa Bakamla RI selaku Indonesia Coast Guard berhasil menjalin hubungan yang baik antarsesama coast gurad di dunia,” ujar Yuhanes.

Sebelumnya, KN Pulau Dana-323 menjalankan misi Muhibah selama 10 hari ke Vietnam dan Singapura. Berangkat dari Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, Minggu (6/10).

KN Pulau Dana-323 tiba di Vietnam pada Selasa (8/10), dilaksanakan kegiatan courtesy call dengan Vice Chairman of People’s Committee Ba Ria-Vung Tau Province. Serta di akhir kunjungan, diadakan join exercise antara KN Pulau Dana-323 dengan Kapal VCG.

Misi muhibah ini salah satu implementasi dari ASEAN Coast Guard Forum (ACF) yang dibentuk oleh negara-negara di Asia Tenggara. Misi muhibah KN Pulau Dana-323 ke Vietnam dan Singapura dalam mempererat kerja sama maritim Indonesia dengan negara-negara tetangga.

Baca juga: Bakamla RI tangkap kapal bermuatan nikel di perairan Sultra
Baca juga: KN Pulau Dana-323 jalankan misi Muhibah di Vietnam


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024