Jakarta (ANTARA) - Lowongan kerja memang banyak ditemukan di internet, namun banyak juga yang palsu atau hoaks. Lalu bagaimana cara menemukan lowongan kerja resmi melalui Kementerian Ketenagakerjaan?

Kesempatan kerja yang ditawarkan melalui Kemnaker pastilah sangat dipercaya karena kementerian ini yang bertanggung jawab atas urusan ketenagakerjaan dan tenaga kerja itu sendiri.

Kemnaker memiliki tugas dan fungsi dalam mengatur, mengelola, dan mengembangkan kebijakan terkait perluasan tenaga kerja, termasuk peningkatan kompetensi, serta penyediaan lapangan kerja.

Baca juga: Berapa gaji pekerja dan supervisor di pabrik?

Beberapa program dan kebijakan yang biasanya dijalankan oleh Kemnaker meliputi pelatihan kerja, memfasilitasi tenaga kerja mandiri, penanganan masalah ketenagakerjaan, serta promosi kewirausahaan dan lain sebagainya. Selain itu, Kementerian ini juga berperan dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja dan mendukung pembangunan sumber daya manusia di Indonesia.

Jika Anda sedang mencari pekerjaan, Kemnaker bisa menjadi salah satu solusi untuk menemukan lowongan yang sesuai dengan keahlian Anda melalui situs resmi Kementerian Ketenagakerjaan.

Berikut adalah cara untuk mencari dan melamar lowongan pekerjaan di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sesuai dengan kriteria dan bidang yang Anda minati.

Baca juga: Prospek kerja sarjana farmasi, beserta kisaran gajinya

Cara mencari lowongan pekerjaan di Kemnaker
  1. Kunjungi situs resmi Karirhub oleh Kemnaker di laman https://karirhub.kemnaker.go.id/
  2. Jika Anda belum memiliki akun, disarankan untuk mendaftar terlebih dahulu dengan mengklik "Daftar" di bagian kanan atas.
  3. Lakukan pendaftaran dengan memasukkan NIK, nama lengkap, dan nama ibu kandung, kemudian pilih “Berikutnya”
  4. Kemudian Anda akan diminta, masukkan alamat email, nomor handphone, dan buat password, Jika sudah pilih “Berikutnya” dan verifikasi kode OTP yang telah dikirim ke nomor handphone yang di daftarkan.
  5. Jika proses pendaftaran telah selesai, silakan masuk dan login kembali untuk melanjutkan pencarian lowongan kerja.
  6. Selanjutnya, Anda isi kolom pencarian dengan kriteria di bidang pekerjaan yang Anda inginkan. Atau Anda bisa melihat berbagai kategori pekerjaan yang populer di segala bidang di halaman utama.
  7. Kemudian, masukkan lokasi pekerjaan yang Anda inginkan. Jika Anda memilih pekerjaan di luar negeri, sertakan nama negara, dan apabila Anda pilih dalam negeri masukan alamat provinsi. Serta tentukan jarak yang diinginkan untuk pekerjaan tersebut.
  8. Jika sudah klik "Cari lowongan" dan kemudian Anda akan diperlihatkan berbagai lowongan kerja yang tersedia di sejumlah perusahaan.
  9. Pilih dan tentukan perusahaan mana yang ingin Anda lamar sebagai tempat bekerja. Jika sudah, pahami ketentuan dan persyaratan yang diminta untuk mengirimkan lamaran.
  10. Kirim surat lamaran Anda di perusahaan tersebut, hingga menunggu panggilan dari dari tempat yang Anda lamar.
Baca juga: Ingin kerja online atau freelance? Berikut pilihan dan cara mencarinya

Baca juga: Daftar 10 pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia

Baca juga: Berapa rata-rata gaji pilot di Indonesia?

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024