Jakarta (ANTARA) - Kepala Pelatih sekaligus Manajer Tim Bulu Tangkis Junior PP PBSI Rionny Mainaky mengaku belum puas dengan dua medali perunggu yang diraih di nomor perorangan Kejuaraan Dunia Junior 2024, pekan lalu.

Dikutip dari keterangan resmi PP PBSI, Senin, Rionny menilai para atlet yang mengisi skuad junior Indonesia tahun ini memiliki kualitas bagus, tapi belum cukup kuat, terlepas dari gelar juara Piala Suhandinata 2024 yang diraih pekan sebelumnya.

“Kalau bilang puas pastinya tidak, tapi memang harus diakui kita belum cukup baik. Terlihat di babak delapan besar ada beberapa pemain yang seharusnya bisa menang tapi karena melakukan kesalahan sendiri jadi tidak berhasil,” kata Rionny.

“Mereka memiliki potensi dan kualitas yang bagus, tinggal ke depan kita membenahi untuk lebih baik lagi. Di tim kepelatihan dan saya sebagai kepala pelatih harus lebih kerja keras di tahun depan,” ujarnya menambahkan.

Rionny memaparkan beberapa kekurangan yang harus segera ditingkatkan bagi Bismo Raya Oktora dan kawan-kawan. Pemusatan latihan juga harus ditambah dengan perhitungan yang cermat.

“Yang masih kurang adalah daya juang di lapangan, kita mesti pelajari dari China dan Jepang. Bermain rapi, stamina dan pembentukan otot juga mesti ditingkatkan. Ini pekerjaan rumah yang harus segera dikerjakan kalau tidak mau tertinggal,” ungkap Rionny.

“Secara persiapan, tim ini sudah pemusatan latihan sejak setelah Kejuaraan Asia Junior. Ada beberapa try out kejuaraan juga sebagai bekal persiapan. Tapi melihat ini saya rasa memang harus ditambah, ini yang harus kita persiapkan lagi ke depannya,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Ubed raih medali perunggu Kejuaraan Dunia Junior 2024

Baca juga: Isyana/Rinjani raih perunggu di Kejuaraan Dunia Junior 2024


Secara khusus, Rionny juga mengevaluasi penampilan Moh Zaki Ubaidillah dan Isyana Syahira Media/Rinjani Kwinara Nastine di babak semifinal hari Sabtu (12/10).

“Ubed sedikit lagi bisa memenangkan pertandingan, andai saja dia antisipasinya bisa lebih aktif. Ini pengalaman juga buat dia bagaimana mengatasi tekanan, bukan hanya dari lawan tapi dari seisi arena, penonton yang begitu banyak,” kata Rionny.

“Isyana/Rinjani dari fokus awalnya harus ditambah. Mereka kehilangan poin dari servis dan terima servis beberapa kali. Ini tidak boleh terjadi di laga penting seperti semifinal," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, pelatih tunggal putri Indra Widjaja angkat bicara mengenai penampilan Mutiara Ayu Puspitasari yang belum konsisten. Mutiara tampil cukup apik di nomor beregu tapi tidak berlanjut di nomor perorangan.

“Memang secara penampilan, Mutiara belum konsisten. Ada bagus, ada kurangnya. Waktu beregu bermain boleh saya bilang cukup luar biasa tapi saat perorangannya kurang "megang",” ungkap Indra.

“Faktor secara non-teknisnya lebih besar pengaruhnya. Secara strategi dan teknis sudah disiapkan tapi karena beban, semua itu jadi tidak keluar,” ujarnya menambahkan.

Indra lebih lanjut mencoba untuk membesarkan hati anak asuhnya itu.

“Saya sudah bicara dengan Mutiara, saya bilang apa pun hasilnya harus diterima. Ini memang junior terakhir untuk dia tapi bukan yang terakhir untuk ke depannya. Ini batu loncatan yang cukup bagus untuk dia melewati beregu dengan juara sebagai kapten tim, bagaimana bertanggung jawab dengan timnya walau akhirnya di perorangannya kurang bagus,” jelas Indra.

“Yang terpenting batu loncatan ini bisa membuat dia berbicara banyak di level senior nanti. Pastinya dengan latihan-latihan dan mengamati saingan-saingannya. Sepulang dari sini, kurang dari satu minggu Mutiara akan langsung turun bertanding di Surabaya (Indonesia International Challenge dan Indonesia Masters Super 100),” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Indonesia juara Piala Suhandinata 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024