Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita seputar DKI Jakarta yang terjadi pada sepekan terakhir, mulai dari pelecehan 15 siswi SMKN 56 hingga retribusi sampah rumah tangga.
 
Berikut berita seputar DKI Jakarta yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Korban kasus pelecehan di SMKN 56 Jakarta ternyata 15 siswi
 
Dinas Pendidikan DKI Jakarta mendalami dugaan kasus pelecehan yang dilakukan guru berinisial H (40) terhadap belasan siswi SMK Negeri 56 Jakarta di Pluit Penjaringan, Jakarta Utara
 
"Diduga ada 15 orang siswi yang menjadi korban dan ini sedang didalami," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo di Jakarta, Selasa.
 
 
2. DKI terapkan retribusi sampah rumah tangga mulai Januari 2025
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan retribusi sampah rumah tangga mulai Januari 2025 kepada warga setempat sebagai salah upaya untuk mengurangi dan mengelolanya.
 
"Nanti tiap-tiap rumah tangga itu akan ada retribusinya sesuai Perda yang sudah disahkan 1 Januari 2024 dan akan mulai dilaksanakan 1 Januari 2025," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto di Jakarta, Selasa.
 
3. Gibran Rakabuming Raka ikut pantau makan siang bergizi gratis
 
Calon wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024 Gibran Rakabuming Raka hadir dalam uji coba makan siang bergizi gratis di SMA Negeri 70 Jakarta Selatan bersama Penjabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
 
Dalam kunjungannya itu, Gibran pun memuji menu makan siang yang hari ini disediakan oleh Perumda Dharma Jaya (BUMD DKI Jakarta). Menu yang disajikan hari ini adalah nasi putih, ayam teriyaki, salad sayur, tahu, perkedel, telur, hingga buah pisang.
 
 
4. Pedagang JPM Pasar Tanah Abang protes kenaikan sewa kios
 
Ratusan pedagang Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat memprotes kenaikan harga sewa (service charge) tanpa adanya diskusi sehingga berujung penyegelan ratusan kios mereka oleh pengelola tempat itu.
 
"Jadi, ini merupakan akumulasi dari kekecewaan pedagang, terkait nilai 'service charge' yang kami anggap terlalu tinggi dibandingkan di Blok A, B, atau K, sementara kami di JPM ini adalah pedagang kecil," kata Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Tanah Abang Jimmy Rory di JPM Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis.
 
 
5. Pasar Kramat Jati segera miliki tempat pengolahan sampah daur ulang
 
Pasar Induk Kramat Jati segera memiliki tempat pengolahan sampah berkonsep kurangi, gunakan kembali dan daur ulang (reduce, reuse, recycle/(TPS 3R), menyusul peletakan batu pertama pembangunan tempat itu oleh Penjabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
 
“Hasilnya nanti, sampah akan diproses jadi bahan bakar jumputan padat yang akan dimanfaatkan sebagai pengganti sebagian (co-firing) batubara pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik PLN (Perusahaan Listrik Negara),” jelas Heru saat dijumpai pada sela peletakan batu pertama proyek itu, di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis.
 
 
6. Rumah kontrakan 100 pintu di Tambora dilanda kebakaran
 
Kontrakan 100 pintu di Jalan Jembatan Besi 2 RT/RW 04/04 Jembatan besi, Tambora, Jakarta Barat, dilanda kebakaran pada Jumat siang.
 
Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Syarifudin menyebutkan bahwa kebakaran tersebut melahap lantai 1 hingga lantai 3 kontrakan.
 
 
7. Bank DKI jadi BUMD pertama sebagai mitra hak penamaan stasiun MRT
 
Bank DKI menjadi badan usaha milik daerah (BUMD) pertama sebagai mitra hak penamaan stasiun Moda Raya Terpadu (mass rapid transit/MRT) sehingga ini menunjukkan realisasi sinergi antar badan usaha milik daerah di Jakarta.
 
"Ini BUMD mitra pertama untuk naming rights (hak penamaan)," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat dalam Seremonial Peresmian Hak Penamaan Stasiun MRT Bundaran HI Bank DKI di Jakarta, Selasa.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024