Solo (ANTARA) - Vice CDM Tim Paralimpik Indonesia Paris 2024 Andi Herman memastikan atlet difabel terus berkembang agar meraih prestasi dan Peparnas menjadi momentum untuk memberdayakan serta mendorong keberlanjutan para olahraga di Indonesia.

"Melalui berbagai program pembinaan dan dukungan yang terintegrasi, Peparnas XVII berupaya memastikan bahwa atlet difabel memiliki peluang untuk terus berkembang dan berprestasi di tingkat nasional maupun internasional," kata Andi di Solo, Jawa Tengah, pada Minggu.

Menurut dia, Peparnas penting untuk membangun pola pikir dan semangat masyarakat luas sehingga memberikan perhatian lebih kepada atlet difabel.

Baca juga: Tuan rumah, Jawa Tengah segel gelar juara umum Peparnas 2024

"Kami lihat di beberapa tahun terakhir ini kita menjadi penyelenggaraan internasional untuk para sport bahkan juga partisipasi kita di dalam beberapa internasional dengan hasilnya cukup membanggakan," kata Andi.

Menurut dia, keberhasilan prestasi dan penyelenggaraan Peparnas merupakan hasil kolaborasi semua pihak yang menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan para sport di Indonesia.

"Dukungan pemerintah suatu negara terhadap keberlanjutan pembinaan olahraga disabilitas itu sangat linier dengan prestasi. Indonesia termasuk menonjol karena adanya perhatian pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan," katanya seraya menilai pemerintah daerah mendukung Peparnas.

Baca juga: Ratusan rekor nasional Peparnas XVII jadi modal ke level internasional

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024