Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan dianugerahi medali kehormatan keamanan dan keselamatan publik 'Loka Praja Samrakshana' oleh Polri di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (14/10).

"Jadi dalam apel gelar pasukan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, (Polri) juga akan memberikan kepada Presiden RI Jokowi medali kehormatan Loka Praja Samrakshana, secara langsung diberikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo," kata Karopenmas Divhumas Polri Polri Brigjen. Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Jokowi beri tanda penghormatan untuk tujuh satuan kerja Polri

Medali tersebut, kata dia, merupakan bentuk apresiasi Polri kepada Jokowi yang dinilai berperan besar dalam pengembangan organisasi Korps Bhayangkara.

Dalam kesempatan berbeda, pakar linguistik dari Universitas Indonesia (UI) Atin Fitriana menjelaskan Loka Praja Samrakshana merupakan bahasa Sanskerta. Loka Praja Samrakshana, katanya, dapat diartikan perlindungan terhadap masyarakat, bangsa, dan negara.

"Secara umum kata loka dan praja dapat mengacu pada hal yang sama yaitu negara dan rakyat,” ucap Atin.

Akan tetapi, menurut dia, makna tempat hanya dimiliki oleh kata loka. Dalam hal ini loka dapat berarti suatu negara sebagai wilayah, sedangkan praja dapat berarti suatu bangsa atau masyarakat.

Sebelumnya, Jokowi direncanakan menghadiri apel gelar pasukan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Jokowi akan hadir memberikan tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan kerja Polri dalam apel tersebut.

"Dalam apel gelar pasukan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih nanti, Pak Presiden akan memberikan tanda kehormatan kepada tujuh satker Polri," kata Brigjen. Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko di Depok, Jawa Barat.

Sebanyak tujuh satuan kerja yang menerima tanda kehormatan Nugraha Sakanti adalah Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korbrimob Polri, Divisi Hubungan Internasional Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Antiteror Polri, dan Pusdokkes Polri.

Nugraha Sakanti merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada sebuah kesatuan Polri. Tanda kehormatan Nugraha Sakanti diberikan kepada satuan yang dinilai telah berjasa di bidang kepolisian yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Baca juga: Polri siagakan 15 ribu personel pengamanan pengambilan sumpah Presiden
Baca juga: TNI kerahkan pasukan dari AD, AL dan AU untuk pelantikan presiden baru
Baca juga: Jelang pelantikan presiden, KSAD: Tambah personel kalau euforia tinggi

 

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024