Banjarbaru (ANTARA) - Wasaka Team Car Universitas Lambung Mangkurat (ULM) meraih juara tiga kategori urban kelas MPD gasoline pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2024.

KMHE 2024 diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Baca juga: ULM andalkan Antasari Evo III di final Kontes Mobil Hemat Energi 2024

"Ini hasil maksimal yang bisa kami capai sebagaimana target mencapai efisiensi bahan bakar hingga 350 kilometer per liter," kata General Manager Wasaka Team Car ULM Arifah Pagis di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu.

Tim ULM mengandalkan karya inovatif kendaraan masa depan bernama "Antasari Evo III".

Beranggotakan 25 mahasiswa Fakultas Teknik ULM, Wasaka Team Car menciptakan kendaraan dengan bobot ringan hanya 68 kilogram.

Baca juga: Puspresnas: KMHE tingkat nasional saring 477 peserta dari 41 kampus

Bersaing dengan empat perguruan tinggi dalam kategori bahan bakar gasoline, ULM hanya mampu berada di urutan ketiga dari sejumlah kendaraan yang tampil menunjukkan performanya dalam keiritan bahan bakar.

Tahun ini sebanyak 70 tim dari berbagai perguruan tinggi ikut meramaikan KMHE yang semangatnya berfokus pada peningkatan teknologi ramah lingkungan.

Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri mengapresiasi prestasi Wasaka Team Car di ajang KMHE yang setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

Baca juga: Kemendikbudristek: KMHE langkah nyata ciptakan ekosistem hijau

"Ajang KMHE merupakan upaya nyata Kemendikbudristek dalam mewujudkan perkembangan teknologi sekaligus menanamkan kesadaran mahasiswa untuk kreatif, inovatif, dan berpikir kritis dalam melihat permasalahan tentang kendaraan hemat energi," ujarnya.
Wasaka Team Car ULM juara tiga Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2024 di Jakarta. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024