Jakarta (ANTARA) - Pabrik menjadi salah satu bidang industri yang menyerap banyak tenaga kerja di Indonesia. Dengan proses produksi yang beragam dan panjang, kebutuhan pekerja sebagai operator mesin dan mengawasi jalannya produksi memang sangat dibutuhkan.

Bagi yang ingin kerja di pabrik, Anda perlu tahu berapa bayaran pekerja dan supervisor di pabrik. Sebab, gaji yang ditawarkan tentu menjadi salah satu pertimbangan utama saat memilih pekerjaan.

Berikut ini adalah penjelasan tentang kisaran gaji pekerja dan supervisor pabrik berdasarkan dari berbagai sumber.

Gaji pekerja pabrik

Pekerja pabrik seringkali disebut sebagai tulang punggung industri pabrik. Mereka bertugas mengerjakan setiap tahap produksi berjalan sesuai prosedur, mulai dari mengoperasikan mesin, menyortir produk, hingga melakukan pengecekan kualitas barang.

Sehingga sebagai pekerja pabrik butuh kemampuan yang mendukung untuk memahami penggunaan mesin hingga sistem pengerjaan produksi.

Besaran gaji pekerja dan supervisor di pabrik dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari lokasi pabrik, jenis pabrik, hingga tugas yang dilakukannya.

Nominal gaji pekerja pabrik dapat dibayarkan sesuai kebijakan perusahaan, seperti gaji harian, gaji mingguan, gaji bulanan, atau gaji borongan. Melansir data dari Badan Pusat Statistik, berikut adalah rincian rata-rata gaji pekerja pabrik selama sebulan berdasarkan provinsi pekerja.

  • DKI Jakarta: Rp5,2 juta
  • Jawa Barat: Rp3,3 juta
  • Jawa Tengah: Rp2,2 juta
  • Jawa Timur: Rp2,5 juta
  • DI Yogyakarta: Rp2,7 juta
  • Sumatera Barat: Rp2,6 juta
  • Kalimantan Timur: Rp4,2
  • Sulawesi Utara: Rp3,2
  • Gaji supervisor pabrik

Gaji supervisor pabrik

Supervisor pabrik memiliki tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan pekerja biasa.
Mereka bertugas untuk mengawasi proses produksi hingga kualitas hasil produk dipastikan sesuai standar, memastikan target produksi tercapai, serta memastikan semua pekerja mengikuti standar prosedur yang ditetapkan.

Dengan tanggung jawab yang lebih besar, gaji supervisor tentunya lebih tinggi dibandingkan dengan pekerja biasa.

Berdasarkan data yang dicantumkan oleh laman Jobstreet, gaji rata-rata supervisor pabrik sebesar Rp5,4 juta hingga Rp7,7 juta. Sementara data yang bersumber dari Indeed, gaji yang dimiliki supervisor pabrik rata-rata sekitar Rp5,5 juta.

Itulah besaran gaji yang didapatkan pekerja dan supervisor di pabrik. Sangat penting bagi pelamar yang ingin memiliki pekerjaan di industri pabrik untuk mengetahui kisaran gaji yang didapatkan. Semoga berhasil untuk meraih penghasilan terbaik.


Baca juga: Berapa rata-rata gaji pilot di Indonesia?

Baca juga: Berapa standar gaji apoteker?

Baca juga: Gaji, syarat, dan kualifikasi menjadi pramugari kereta api


Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024