dalam menyukseskan distribusi logistik, KPU melibatkan semua pihak, termasuk Kepolisian untuk mengawal logistik dari tempat logistik hingga ke titik tujuan dan sebaliknya
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggandeng Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kepulauan Seribu dalam upaya menyukseskan pendistribusian logistik pemilu di daerah kepulauan tersebut.

"Jelang perhelatan Pilkada 2024 yang tinggal menghitung hari, kami terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak," kata Ketua KPU Kepulauan Seribu Iman Cahyadi di Jakarta, Minggu.

Baca juga: KPU DKI pastikan lokasi penyimpanan logistik pilkada bebas banjir 

Ia mengatakan khususnya pendistribusian logistik Pilkada Jakarta ke Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan yang membutuhkan perencanaan matang.

Pendistribusian logistik pemilu menjadi tantangan tersendiri karena logistik dikirim menggunakan kapal dari kawasan daratan Jakarta ke sejumlah pulau di daerah tersebut.

Baca juga: Jaksel terima 13.080 bilik suara di Gudang Sarinah Ekosistem

Kendala cuaca buruk serta gelombang laut menjadi tantangan bagi penyelenggara pemilu dalam mengantarkan logistik tepat waktu dan tepat jumlah ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ia mengatakan dalam menyukseskan distribusi logistik, KPU melibatkan semua pihak, termasuk Kepolisian untuk mengawal logistik dari tempat logistik hingga ke titik tujuan dan sebaliknya.

Dirinya berharap dengan komunikasi dan koordinasi yang dilakukan proses pendistribusian logistik bisa berjalan lancar dan aman.

Baca juga: KPU Jaksel terima kotak suara dan segel untuk Pilkada DKI

"Termasuk mengantisipasi cuaca antar pulau yang dihuni penduduk," kata dia

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Seribu melakukan persiapan pendistribusian logistik untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2024.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Kabupaten Kepulauan Seribu Alawi mengatakan pihaknya akan mendukung secara maksimal proses pendistribusian logistik yang akan dilakukan KPU Kepulauan Seribu.

Menurut dia Kabupaten Kepulauan Seribu akan mendukung tahapan pendistribusian logistik yang dilakukan KPU Kepulauan Seribu khususnya di tingkat kecamatan dan kelurahan.

"Perhelatan pilkada nanti merupakan event besar yang harus didukung, tentunya dengan tetap menjunjung tingga netralitas ASN,” kata dia

Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta akan digelar Rabu 27 November 2024. KPU Kepulauan Seribu telah menetapkan jumlah pemilih berjumlah 20.908 orang yang tersebar di 41 TPS di Kabupaten Kepulauan Seribu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2, dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024