Jakarta (ANTARA) -
Pilot merupakan salah satu profesi idaman yang kerap menjadi mimpi sebagian orang sejak anak-anak karena bisa berkeliling dunia hanya dengan mengemudikan pesawat terbang.

Namun, di balik profesi impian ini terdapat risiko dan tanggung jawab yang besar karena para pilot harus menjaga keselamatan penumpangnya selama penerbangan. 

Yang sering menjadi pertanyaan, berapakah gaji profesi pilot di Indonesia? Berikut penjelasannya.
 
Gaji pilot di Indonesia
 
Gaji seorang pilot di Indonesia sangat bervariasi, tergantung pada jenis pesawat yang diterbangkan, jumlah jam terbang selama bertugas, pengalaman yang dimiliki, serta maskapai tempat mereka bekerja.
 
Berdasarkan laman Salary Explorer, rata-rata besaran gaji pilot sekitar Rp22,5 juta dalam satu bulan. Nominal gaji terendah mulai dari Rp10,8 juta hingga tertinggi mencapai Rp35,3 juta.
 
Sementara, melansir dari data Economic Research Institude, pilot di Indonesia memiliki rata-rata gaji sebesar Rp547 juta selama setahun dengan kisaran mulai dari Rp373 juta hingga Rp669 juta.
 
Total rata-rata gaji pilot tersebut, telah dihitung berdasarkan waktu lama bertugas penerbangan sekitar Rp263 ribu per jam. Sehingga, semakin lama waktu penerbangan pilot, gaji yang didapatkan akan semakin tinggi.
 
Perlu diketahui bahwa jam kerja pilot dalam seminggu yakni maksimal 30 jam, sementara dalam sebulan diberikan selama 110 jam. Peraturan itu diterapkan secara tegas, sebab pilot membutuhkan waktu istirahat yang cukup demi keselamatan penerbangan selanjutnya.
 
Kemudian, besaran gaji pilot disesuaikan berdasarkan kebijakan maskapai dimana mereka bekerja. Berikut kisaran rata-rata gaji pilot selama sebulan di beberapa maskapai di Indonesia.
 
  • Lion Air: Rp45 juta hingga Rp100 juta
  • Garuda Indonesia: Rp60 juta hingga 150 juta
  • Sriwijaya Air: Rp50 juta
  • Batik Air: Rp30 juta hingga Rp40 juta
  • Wings Air: Rp8 juta hingga Rp25 juta
  • Citilink: Rp45 juta hingga Rp47 juta
Seorang pilot wajib memiliki latar belakang pendidikan seperti teknik penerbangan, keselamatan penerbangan, atau berbagai jurusan penerbangan lainnya. Setelah lulus pendidikan tersebut, akan memiliki sertifikasi penerbangan atau pilot license.
 
Tentunya untuk mendukung peningkatan jenjang karier, pilot mesti terus mengembangkan skill dan kemampuannya.
 
Demikian rincian rata-rata gaji pilot di Indonesia. Bagi calon pilot, rincian gaji tersebut bisa menjadi gambaran Anda dalam mendapatkan penghasilan dalam profesi penerbangan ini.
 
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024