Terima kasih kepada Kabupaten Bogor yang telah rutin melaksanakan event ini, karena akan memberikan motivasi kepada peternak agar lebih produktif.
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengapresiasi Festival Ternak Domba-Kambing dan Seni Ketangkasan Domba tingkat kabupaten yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat.

“Terima kasih kepada Kabupaten Bogor yang telah rutin melaksanakan event ini, karena akan memberikan motivasi kepada peternak agar lebih produktif,” kata Teten saat hadir dalam festival yang berlangsung, di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu.

Menurut dia, Festival Ternak Domba-Kambing dan Seni Ketangkasan Domba ini penting dilaksanakan untuk menjaga kualitas bibit ternak yang ada di Kabupaten Bogor.

"Terutama bagi para pembudidaya ternak penting dilakukan, sehingga mereka akan terus meningkatkan ternaknya," ujarnya.

Penjabat Bupati Bogor Bachril Bakri saat membuka festival mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk integrasi antara peternakan dengan budaya dan pariwisata Kabupaten Bogor.

Menurut dia, usaha ternak tidak hanya untuk menghasilkan bibit unggul, melainkan juga mulai memperhatikan segi komersial dan menjadi daya tarik pariwisata, sehingga menjadi nilai tambah bagi pelaku usaha peternakan dan masyarakat sekitar.

Hal itu sejalan dengan slogan Kabupaten Bogor Sport and Tourism, menjadikan pariwisata seni dan budaya sebagai sektor unggulan dalam meningkatkan perekonomian daerah.

“Pada prinsipnya Pemkab Bogor akan terus berkomitmen untuk meningkatkan daya saing produk peternakan Kabupaten Bogor melalui peningkatan produktivitas dan meningkatkan kompetensi SDM pelaku usaha peternakan,” ujar Bachril.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor Nurhayanti menerangkan, kegiatan itu dilakukan dalam rangka pelestarian sumber genetik ternak lokal seperti domba garut dan kambing ternak etawa, sekaligus memotivasi para peternak untuk menghasilkan bibit unggul.

Kegiatan yang berlangsung pada 12-13 Oktober 2024 itu untuk mewujudkan Kabupaten Bogor sebagai pemimpin ketahanan lokal dan nasional serta memperluas jaringan peternakan dengan berbagai sektor lainnya.

“Kegiatan ini diikuti 150 peserta festival domba dan kambing, sementara seni ketangkasan domba garut diikuti oleh 400 peserta dari dalam dan luar Kabupaten Bogor,” kata Nurhayanti.
Baca juga: Kadispar: Presiden Jokowi ingin temui peternak di Sumba
Baca juga: Pemkab Bogor hidupkan usaha ternak lewat Festival Domba-Kambing

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024