Kalau mau main jetski, tidak perlu jauh-jauh ke Balikpapan, tapi cukup di Samarinda aja.
Samarinda (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik mempromosikan wahana baru di perairan Sungai Mahakam Samarinda, yakni rekreasi wisata air menggunakan jetski.

Akmal Malik, di Samarinda, Minggu, mengajak masyarakat Indonesia yang datang berkunjung ke Kaltim maupun Ibu Kota Nusantara agar singgah ke Samarinda ikut menikmati rekreasi jetski di Sungai Mahakam.

"Ayo berwisata rekreasi jetski bersama Mahakam Wave Riding. Keren dan pengalamannya luar biasa," katanya pula.

Menurut Akmal, Pemprov Kaltim sangat mendukung penuh beroperasinya Jetski Mahakam Wave Riding.

"Terima kasih komunitas jetski Sungai Mahakam. Wahana ini tentu memperkaya variasi wisata Kota Samarinda," katanya lagi.

Wahana rekreasi wisata baru Sungai Mahakam yang mengkhususkan diri keterampilan bermain jetski berada tepat di kawasan tepi Sungai Mahakam atau Untung Suropati Square Samarinda.

Dukungan penuh Pemprov Kaltim, kata Akmal lagi, bisa dalam bentuk infrastruktur, seperti pelabuhan (dermaga sandar) jetski.

Kehadiran komunitas jetski Kaltim melalui wahana Jetski Mahakam Wave Riding menjadi daya tarik tersendiri bagi orang untuk datang ke Kota Tepian Samarinda.

"Kalau mau main jetski, tidak perlu jauh-jauh ke Balikpapan, tapi cukup di Samarinda aja," ujarnya lagi.

Terlebih lagi, wahana jetski Sungai Mahakam lebih menarik dan menantang, selain tampak keindahan alam sekitar Sungai Mahakam yang asri.

"Bermain jetski, berolahraga sekaligus menikmati keindahan alam tepi Sungai Mahakam dan aktivitas masyarakat," katanya pula.

Akmal berencana akan melakukan touring jetski bersama berbagai komunitas jetski Kaltim untuk menempuh jarak hingga Muara Berau.

"Kita nanti bisa rally jetski, rame-rame bersama komunitas jetski se Kaltim ke muara sungai," kata dia lagi.

Owner Kaniungan Island Paradise Andi Syaifullah, yang juga owner Jetski Makaham Wave Riding menjelaskan pihaknya menginisiasi rekreasi wisata Sungai Mahakam sebagai ikon ibu kota Provinsi Kaltim, Kota Samarinda.

"Di sini memang basecamp Kaltim Jetski Club. Selain homebase juga wahana edukasi dan sharing wisata bahari," ujarnya.

Bermain jetski, menurut Andi, tidak sulit dan tidak memerlukan waktu lama, maka seseorang sudah bisa mengendarai jetski.
"Terpenting kita mengikuti arahan instruktur dan menggunakan perlengkapan safety sesuai aturan," katanya.

Khusus wahana Jetski Mahakam Wave Riding setiap pengunjung dapat datang sejak pukul 10.00 WITA hingga pukul 18.00 WITA.

"Pengunjung bisa menggunakan setiap jetski per 15 menit senilai Rp650 ribu dari Bigmall hingga Jembatan Mahakam, termasuk paket foto dan video," katanya pula.
Baca juga: DPRD Kaltim mendorong pengembangan objek wisata Sungai Mahakam

Pewarta: Arumanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024