PIP Makassar terus berinovasi dan memberikan sumbangsih untuk kemajuan dunia pendidikan dan transportasi laut di Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Politeknik Ilmu Pelayaran(PIP) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), di usianya lebih dari satu abad siap melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan bersaing di dunia industri.

“Walaupun sudah berusia 103 tahun, sebagai sivitas akademika dari tahun ke tahun PIP Makassar terus berinovasi dan memberikan sumbangsih untuk kemajuan dunia pendidikan dan transportasi laut di Indonesia. Karenanya kami berkomitmen melahirkan SDM yang unggul dan berdaya saing di dunia industri,” kata Direktur PIP Makassar Capt Rudi Susanto dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Saat puncak acara Dies Natalis ke-103 di Kampus Utama Jl Tentara Pelajar No. 173 Makassar, dia mengatakan bahwa 103 tahun merupakan jalan yang panjang, mulai dari sekolah yang dibangun hingga kini telah melalui berbagai transformasi dan perjalanan yang penuh suka duka.

Sebelumnya dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-103, maka PIP Makassar membuat sejumlah rangkaian kegiatan. Seperti Lomba-lomba di bidang olahraga dan hobi untuk kalangan SMA dan sederajat di Sulsel. Selain itu, untuk menunjukkan kepedulian kepada sesama melalui donor darah, dan santunan anak yatim.

Lalu, ada juga kegiatan akademis yaitu kuliah umum dan seminar internasional di bidang maritim yang diisi oleh dosen dan pembicara darj luar negeri.

Tidak ketinggalan juga menggelar simposium, serta yang terakhir kami juga melaksanakan puncak dies natalis yang diawali dengan jalan sehat, peresmian dinding kehormatan alumni (Wall Of Fame Corps Alumni Bumiseram Makassar) dan ditutup oleh Sarasehan Alumi dan Taruna PIP Makassar.

Kegiatan Deis Natalis 103 tahun kali ini mengambil tema 'Beradaptasi, Beinovasi, Bertransformasi untuk PIP Makassar Maju'. Pihaknya juga berterima kasih kepada para senior, alumni, dan para taruna serta taruni yang telah mengharumkan nama PIP Makassar yang terus berprestasi dan mengharumkan nama akademika.

“Karena itu pada kesempatan ini saya atas nama manajemen dan kampus mengucapkan terima kasih serta apresiasi untuk kalian semua. Saya juga mengajak para alumni untuk terus berkolaborasi dalam memajukan PIP Makassar, sehingga ke depannya lebih sukses dan lulusannya dapat terserap di dunia industri,” katanya lagi.

Sebelumnya, untuk meramaikan acara Dies Natalis ke-103 PIP Makassar juga digelar simposium dengan tema "Implementasi Undang-Undang No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, Pasal 1 Ayat 1" dan menghadirkan para ahli, akademisi, serta praktisi di bidang pelayaran.

Capt Rudi menjelaskan bahwa simposium ini merupakan kesempatan berharga bagi kita semua untuk berdiskusi dan mencari solusi atas tantangan yang dihadapi dalam implementasi undang-undang tersebut di lapangan.

“Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan wawasan yang bermanfaat bagi dosen dalam memilih topik penelitian dan kajian yang sesuai dengan permasalahan aktual yang sedang terjadi di lapangan khususnya terkait pelayaran dan transportasi laut,” katanya pula.

Capt Rudi juga berharap simposium ini tidak hanya menjadi forum diskusi, tetapi juga sebagai salah satu momen penting PIP Makassar merefleksikan kontribusi lembaganya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, terutama di sektor maritim.
Baca juga: PIP Makassar buka diklat peningkatan keahlian pelaut
Baca juga: PIP Makassar rumuskan dunia pelayaran ramah lingkungan 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024