Jakarta (ANTARA) -
Menteri Sosial (Mensos) Saifullah Yusuf menerima penghargaan Jer Basuki Mawa Bea (JBMB) Emas pada peringatan HUT Ke-79 Jawa Timur atas tata kelola pemerintahan yang selama ini telah dilaksanakan dengan baik.
 
“Ini satu hal yang tidak saja membuat saya terharu, tetapi juga motivasi bagi kami untuk berbuat lebih banyak dan lebih baik ke depan,” kata Saifullah Yusuf dalam rilis di Jakarta, Minggu.
 
Tidak berhenti di Pasuruan, ia mengatakan upaya tata kelola pemerintahan itu juga dijalankan di Kementerian Sosial yang saat ini dipimpin oleh dirinya.
 
Sejak menjabat sebagai Menteri Sosial pada 11 September 2024 lalu, Saifullah Yusuf yang biasa dipanggil Gus Ipul bergerak cepat untuk membuat Kemensos lebih baik.

Baca juga: Mensos pesan perlinsos sepanjang hayat kepada pilar sosial di Jatim
 
Salah satu upaya yang dilaksanakannya adalah mengimbau pemerintah daerah untuk segera meng-update data dinamis seperti kelahiran, kematian, dan perpindahan domisili agar distribusi bansos tepat sasaran.
 
Ia juga memperkuat kolaborasi dengan stakeholder dalam pemenuhan hak-hak masyarakat rentan seperti lansia, penyandang disabilitas, anak, dan kelompok rentan lainnya.

Selain itu, Gus Ipul juga memperkuat kerja sama dengan pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota dalam perencanaan, pelaksanaan hingga pemantauan kesejahteraan sosial di seluruh Indonesia.

Baca juga: Kemensos salurkan bantuan untuk dua pelajar yatim piatu Tulungagung
 
Salah satu upaya nyata yang telah ditempuh adalah menutup panti asuhan Darussalam An-Nur di Tangerang yang belum berizin dan telah melakukan pelanggaran.
 
Ia pun segera mengajak pemerintah daerah untuk mendata ulang seluruh Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di seluruh Indonesia agar pemerintah bisa memberikan pengawasan pada penyelenggaraan kesejahteraan sosial di LKS tersebut.
 
Penjabat Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono memberikan apresiasi terhadap kinerja maksimal Gus Ipul yang selalu diterapkan di manapun ia mengabdi, khususnya di Jawa Timur.

Baca juga: Kemensos raih 7 penghargaan inovasi pelayanan publik dari KemenpanRB
 
"Gus Ipul tentu mulai dari Menteri Desa, Wagub, Menteri Sosial dan Sekjen NU, itu semua tercurahkan untuk Jatim lebih baik. Untuk itu, pantas sekali kami berterima kasih kepada tokoh-tokoh yang sudah membesarkan Jatim, berkontribusi untuk Jatim menjadi lebih maju," ujar Adhy.

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024