Pada prinsipnya Pemkab Bogor akan terus berkomitmen untuk meningkatkan daya saing produk peternakan melalui peningkatan produktivitas dan meningkatkan kompetensi SDM pelaku usaha peternakan,
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berupaya menghidupkan usaha peternakan melalui Festival Ternak Domba-Kambing dan Seni Ketangkasan Domba tingkat kabupaten di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu.


Penjabat Bupati Bogor Bachril Bakri saat membuka festival mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk integrasi antara peternakan dengan budaya dan pariwisata Kabupaten Bogor.

Menurut dia, usaha ternak tidak hanya untuk menghasilkan bibit unggul, melainkan juga mulai memperhatikan segi komersial dan menjadi daya tarik pariwisata, sehingga menjadi nilai tambah bagi pelaku usaha peternakan dan masyarakat sekitar.

Hal itu sejalan dengan slogan Kabupaten Bogor Sport and Tourism, menjadikan pariwisata seni dan budaya sebagai sektor unggulan dalam meningkatkan perekonomian daerah.

“Pada prinsipnya Pemkab Bogor akan terus berkomitmen untuk meningkatkan daya saing produk peternakan melalui peningkatan produktivitas dan meningkatkan kompetensi SDM pelaku usaha peternakan,” ungkapnya.

Ia juga mengajak seluruh peternak meningkatkan kreativitas dan produktivitas ternak unggulan lokal asli Indonesia untuk memperkuat ketahanan pangan berbasis sumber daya ternak lokal.

Bachril mengatakan, peternak perlu terus berpartisipasi aktif dalam upaya pemajuan kebudayaan daerah melalui berbagai festival seni dan budaya.

Khususnya, kata dia, komoditas domba garut yang bukan hanya sebagai ternak penghasil daging, tetapi sekaligus memiliki daya pikat pariwisata melalui ketangkasan domba.

"Kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi, tukar pengalaman dalam upaya menghasilkan bibit ternak yang berkualitas, memperluas jangkauan pasar baik domestik maupun ekspor dan menarik minat masyarakat. Juga dapat mengenal dunia peternakan serta dapat melahirkan pelaku usaha peternakan baru,” ujarnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor Nurhayanti menerangkan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka pelestarian sumber genetik ternak lokal seperti domba garut dan kambing ternak etawa sekaligus memotivasi para peternak untuk menghasilkan bibit unggul.

Kegiatan yang berlangsung pada 12-13 Oktober 2024 itu untuk mewujudkan Kabupaten Bogor sebagai pemimpin ketahanan lokal dan nasional serta memperluas jaringan peternakan dengan berbagai sektor lainnya.

“Kegiatan ini diikuti 150 peserta festival domba dan kambing, sementara seni ketangkasan domba garut diikuti oleh 400 peserta dari dalam dan luar Kabupaten Bogor,” kata Nurhayanti.(KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024