Bogota, Kolombia (ANTARA) - Pemerintah Venezuela, Sabtu (12/10), mengumumkan pengiriman 14 ton bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Lebanon yang melarikan diri ke Suriah akibat serangan brutal Israel.

Menteri Luar Negeri Yvan Gil mengatakan sumbangan tersebut diberikan oleh rakyat Venezuela, dan bantuan akan segera disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

Seremonial pengiriman bantuan itu berlangsung di Bandar Udara Internasional Simon Bolivar, Kota Maiquetia, Negara Bagian La Guaira.

Di antara mereka yang hadir di acara itu adalah Tatiana Pugh, wakil menteri untuk Asia, Timur Tengah, dan Oseania, bersama Duta Besar Lebanon dan Suriah, Elias Lebbos dan Kenan Zaher Al Deen.

Dilaporkan bahwa pesawat yang membawa bantuan rakyat Venezuela itu dijadwalkan mendarat di Suriah dalam beberapa jam ke depan.

Menlu Gil juga menyampaikan bahwa Presiden Nicolas Maduro menyatakan solidaritasnya kepada rakyat Palestina, Lebanon, Iran, dan Suriah, serta ingin mereka tahu bahwa mereka tidak "sendirian" menghadapi serangan Israel.

Sebelumnya, rakyat Venezuela telah meluncurkan kampanye di Yellow House, Plaza Bolivar, Caracas untuk membantu para pengungsi Lebanon yang menyelamatkan diri dari perang.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Rusia kecam serangan Israel ke Lebanon, Suriah
Baca juga: Kepala UNHCR bertemu Presiden Suriah bahas bantuan pengungsi Lebanon


Penerjemah: Primayanti
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024