Hari ini saya ke Simpang Joglo Solo untuk memastikan proyek ini berjalan sesuai dengan rencana...
Solo (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pengerjaan rel layang Simpang Joglo Solo, Jawa Tengah, Minggu.

"Hari ini saya ke Simpang Joglo Solo untuk memastikan proyek ini berjalan sesuai dengan rencana," kata Menhub.

Menhub mengatakan pada tinjauan tersebut berangkat dari Stasiun Kadipiro menuju lintasan Simpang Joglo dengan menggunakan lori pemeriksa jalur kereta api.

"Dengan lori, artinya lintasan dari arah Semarang ke Solo praktis sudah bisa dilakukan, namun demikian untuk memastikan itu sesuai dengan pekerjaan, kami bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan tes beban pada tanggal 23 dan 24 Oktober," katanya lagi.

Ia mengatakan apabila tes beban dapat dilakukan, maka paling lambat operasional akan dilakukan pada 1 November.

Pihaknya berharap jika rel layang sudah beroperasi dan pembangunan underpass Simpang Joglo juga selesai dikerjakan, dapat mengurangi kemacetan lalu lintas di titik tersebut.

"Jembatan ini sifatnya fungsional, karena di sini merupakan pusat kemacetan," katanya pula.

Dia mengatakan dengan dibangunnya rel layang dan underpass, maka kawasan Simpang Tujuh Joglo tersebut akan menjadi layaknya jalur simpang empat.

Sementara itu, katanya lagi, anggaran pembangunan proyek tersebut bersumber dari APBN sebesar Rp1,2 triliun.

Ia mengatakan nantinya rel layang tersebut akan dilengkapi dua jalur, sehingga memudahkan operasional kereta api dengan rute solo-Semarang maupun sebaliknya.

"Kereta api Solo-Semarang akan dua jalur sebagaimana yang kami lakukan di Solo-Jogja. Akan dibuat dua jalur. Namun ini proyek multi years, terkait penganggaran," katanya.
Baca juga: Menhub: Pembangunan jalur kereta Simpang Joglo selesai di September
Baca juga: Gibran pastikan underpass Simpang Joglo selesai sesuai jadwal

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024