Jakarta (ANTARA) - Mauricio Pochettino memulai debutnya sebagai pelatih tim nasional Amerika Serikat dengan kemenangan 2-0 atas Panama di Q2 Stadium Austin, Texas, Minggu dini hari WIB, di mana Yunus Musah, gelandang AC Milan, menjadi salah satu pencetak gol.

Kemenangan ini menandai awal yang positif bagi Pochettino yang merupakan pelatih asal Argentina dan pernah menangani Tottenham Hotspur, Paris Saint-Germain, dan Chelsea.

"Ini adalah perasaan yang sangat baik. Pertandingan ini sangat sulit bagi kami," kata Pochettino, dikutip dari AFP.

"Sedikit demi sedikit, kami sedang membangun sesuatu. Tujuannya adalah 2026, tapi saya senang karena kami tampil solid dan profesional. Ini adalah langkah pertama untuk berkembang," tambahnya.

Pochettino ditunjuk sebagai Kepala Pelatih Amerika Serikat bulan lalu setelah tim tersebut hanya meraih satu kemenangan dalam tujuh pertandingan terakhir mereka.

Dengan tugas utama mempersiapkan tim untuk Piala Dunia 2026 yang akan diselenggarakan bersama oleh Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, Pochettino telah menunjukkan pengaruhnya dalam waktu singkat, meskipun baru bekerja dengan skuad selama lima hari.

Amerika Serikat tampil dengan formasi 4-2-3-1 yang fleksibel. Aidan Morris, gelandang Middlesbrough, mendapat kepercayaan sebagai pengatur permainan di lini tengah, meski tak ikut di Copa America 2023. Penampilan Morris yang solid membantu AS mengontrol permainan, meski mereka kesulitan menciptakan peluang nyata di babak pertama.

Baca juga: Rangking FIFA dan hasil laga Timnas Indonesia periode 2020-2024

Panama yang pernah mengalahkan AS di Copa America, bermain bertahan dan menunggu peluang serangan balik. Namun, kiper Matt Turner berhasil menjaga gawang AS tetap aman, termasuk dari tembakan Edgar Barcenas dan Eduardo Guerrero.

Setelah babak pertama berakhir imbang, AS membuka keunggulan empat menit setelah jeda. Umpan silang dari Christian Pulisic, hasil kerja sama apik dengan Brenden Aaronson, berhasil diselesaikan dengan rapi oleh Yunus Musah. Gol ini menjadi yang pertama bagi Musah dalam 42 penampilannya untuk tim nasional.

Panama sempat memberikan tekanan, namun Turner kembali tampil solid. Di masa tambahan waktu, Haji Wright memberikan assist kepada Ricardo Pepi yang memastikan kemenangan AS dengan skor 2-0.

Baca juga: Kembali dari rehat, Jurgen Klopp akan tangani klub-klub milik Red Bull
Baca juga: Timnas Portugal kukuh di puncak usai raih kemenangan 3-1 atas Polandia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024