Jakarta (ANTARA) -
Calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024 nomor urut 1 Ridwan Kamil  bertekad menjadikan kawasan banjir kanal timur (BKT) sebagai inspirasinya dalam program menanam pohon di daerah itu.

"Di BKT sangat indah karena pohonnya besar-besar, itu visi misi tiga tahun ke depan untuk menanam sebanyak-banyaknya pohon," 
katanya saat menyapa warga Jakarta Timur, Minggu.

Ia mengatakan, hal itu, pertama supaya adem dan membuat tenang.

Kedua, untuk menyerap polusi. "Itu inspirasinya," katanya. 

Ia menegaskan,  motif untuk menanam tiga juta pohon di Jakarta itu dalam waktu tiga tahun merupakan tekadnya dalam rangka menghijaukan Jakarta.

Baca juga: KPU DKI imbau tak ada anak kecil dan sorak berlebihan saat debat
 
Menurut pasangan RIDO, hal itu sebagai solusi untuk mengatasi polusi udara di Jakarta karena tanaman-tanaman itu akan menyerap karbon dioksida (C02).
 
Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil saat jalan sehat bersama warga di kawasan BKT, Jakarta Timur, Minggu (13/10/2024). ANTARA/Ilham Kausar


Selain itu,  Ridwan juga menyoroti dangkalnya kali BKT karena tidak dilakukan pengerukan secara rutin.
 
"Tadi ada masukan waktu zaman Pak Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) itu pengerukan (BKT) rutin, tapi yang sekarang saya tak lihat ada eskavator sehingga terjadi pendangkalan. Harusnya BKT bisa lebih dalam. Nanti kita sempurna SOP-nya, " ucapnya.
 
Ridwan Kamil pada kesempatan itu 
​​​​menghadiri acara 'Sapa Warga Dengan Nasi Uduk Betawi: Seru Bareng R1DO X Jakarta Timur' di Taman United Tractors (UT) di Duren Sawit, Jakarta Timur.
 
Acara yang digagas oleh organisasi muda Partai Gerindra, Tunas Indonesia Raya (Tidar) Jakarta Timur tersebut dihadiri oleh sejumlah warga Jakarta Timur dengan kegiatan awal jalan sehat di kawasan BKT, kemudian dilanjutkan dengan menyantap nasi uduk.

Baca juga: KPU DKI tak pakai tipeks di formulir Sirekap Pilkada
 
Ketua Pelaksana Pengurus Cabang (PC) Tidar Jakarta Timur, Ari Chandra menjelaskan menyantap nasi uduk Betawi usai jalan sehat itu ide dari masyarakat.
 
"Jadi, intinya acara ini, lebih mengenalkan rasa citra rasa Betawi ke Pak Emil. Bagaimana Pak Emil itu, kan Sunda sekali. Nah, jadi kita masukkan unsur-unsur Betawi," katanya.
 
Sementara, Sekretaris PC Tidar Jakarta Timur, Ivana Rizka Pratiwi menyebutkan acara ini juga dihadiri oleh pengurus koalisi seperti PKS, Golkar dan juga sejumlah relawan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2, dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024