Alhamdulillah hari ini acaranya selesai. Ini closing ceremony untuk program Catalytic Funding Program di 2024.
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan rintisan di bawah PT Rantai Pasok Ekosistem yang bergerak di bidang perikanan, FishLog, menggelar pelatihan manajemen limbah rajungan kepada istri nelayan di Rembang, Jawa Tengah, Sabtu (12/10).

Kegiatan yang didukung Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) dan UNDP itu, satu dari empat rangkaian acara pada program Catalytic Funding 2024.

"Alhamdulillah hari ini acaranya selesai. Ini closing ceremony untuk program Catalytic Funding Program di 2024," kata COO Fishlog atau Direktur PT Rantai Pasok Ekosistem, Abdul Halim seperti dikutip siaran pers perusahaan, di Jakarta, Minggu.

Ia menjelaskan, selain pelatihan manajemen limbah, pada kegiatan ini juga disampaikan pencapaian program, yaitu literasi keuangan, pendidikan karakter, dan kesehatan lingkungan.

"Hal yang perlu saya sampaikan, kita bisa bahwa dari keempat program-program tersebut bisa kita kerjakan dengan kolaborasi seluruh stakeholder. Itu yang paling penting," katanya.

Dia juga menyampaikan bahwa hal yang penting adalah adanya keberlanjutan. "Sehingga dari bentuk program yang kita sampaikan tadi bisa menjadi masukan kita untuk next program di tahun ke depan," katanya lagi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan), Kabupaten Rembang, Sofyan Cholid mengatakan, rajungan adalah salah satu komoditas yang sangat penting.

Rajungan merupakan satu salah sumber devisa bagi negara dan juga penyedia lapangan pekerjaan pada masyarakat, khususnya di Rembang.

"Kami harapkan pelatihan ini merupakan salah satu langkah upaya bagaimana kita bisa keberlanjutan, sustainable businessnya," kata Cholid.

Adapun Project Leader at Indonesian Environment Fund in Catalytic Funding for Indonesia Achmad Rifdatul Hisan berharap kegiatan FishLog ke depannya ini dapat terus berlanjut.

"Kami harapkan semua kegiatan yang sudah bermula sejak Februari tahun ini sampai akhir hari ini, kita akhiri semua bisa berlanjut. Dari sisi pendanaan, kami akan terus dukung," kata Achmad pula.
Baca juga: Fishlog perluas jaringan di industri perikanan
Baca juga: FishLog menanam 5.000 mangrove di Muara Gembong lewat Catalytic Fund

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024