Jakarta (ANTARA) - Sekelompok robot humanoid Tesla Optimus berjalan bersamaan dengan pengungkapan kendaraan baru Tesla, Robovan, pada acara "We, Robot" di Los Angeles, Amerika Serikat, pada Kamis (10/10) malam waktu setempat.

Robot ini juga ditampilkan dalam video yang memperlihatkan mereka melakukan tugas sehari-hari manusia seperti membawa paket dari teras dan menyiram tanaman.

“Optimus akan berjalan di antara kalian,” ujar CEO Tesla, Elon Musk dikutip dari The Verge, Jumat (11/10).

"Kalian bisa mendekati mereka, dan mereka akan menyajikan minuman," sambung dia.

Baca juga: Tesla akan gunakan “Robot Optimus” untuk tingkatkan penjualan

Baca juga: Tesla pamerkan robot "humanoid" bernama Optimus


Musk menjelaskan bahwa robot ini pada dasarnya bisa melakukan apa saja, dengan contoh seperti mengajak anjing jalan-jalan, mengasuh anak, dan memotong rumput.

Dia menyebutkan bahwa dalam jangka panjang robot ini akan berharga antara 20.000 hingga 30.000 dolar AS (Rp311 juta hingga Rp467 juta).

“Saya pikir ini akan menjadi produk terbesar dari jenis apa pun yang pernah ada,” kata Musk.

Setelah presentasi, rekaman livestream menunjukkan orang-orang berinteraksi dengan robot Optimus di meja dan di kerumunan.

Namun, robot-robot tersebut tidak melakukan banyak hal selain melambaikan tangan. Ada meja dengan minuman, tetapi robot Optimus tidak terlihat melakukan lebih dari sekadar memegang cangkir es.

Namun, satu robot terlihat menyerahkan tas hadiah kecil di meja lain dan bermain suit dengan para tamu. Ada juga gazebo tertutup dengan beberapa robot yang menari di dalamnya.

Dalam panggilan konferensi pendapatan bulan April, Musk mengatakan bahwa Optimus akan mulai melakukan tugas-tugas berguna pada akhir tahun ini dan mungkin akan dijual secara eksternal pada akhir tahun depan.

Robot Tesla ini awalnya bukan produk serius ketika Musk pertama kali mengungkapkan proyek tersebut pada tahun 2021, di mana seorang pria dalam kostum robot naik ke panggung untuk menari dengan lucu.

Namun pada tahun 2022, perusahaan menampilkan prototipe sederhana yang berjalan perlahan di atas panggung.

Baca juga: Elon Musk kenalkan Robovan, kendaraan listrik otonom seukuran bus

Baca juga: Robotaxi Tesla dinamai Cybercab



 

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024