Perawatan dan pemeriksaan sarana serta prasarana perkeretaapian dilakukan secara rutin melalui inspeksi dua kali seminggu pada Rabu dan Kamis
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan pada jalur kereta api di seluruh wilayah kerjanya untuk menjaga dan meningkatkan keamanan serta keselamatan perjalanan kereta api.

Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Yuskal Setiawan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu, mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya mewujudkan angkutan kereta api yang aman, nyaman, dan sehat melalui keandalan sarana dan prasarana perkeretaapian secara berkelanjutan.

Ia menuturkan bahwa perawatan dan pemeriksaan sarana serta prasarana perkeretaapian dilakukan secara rutin melalui inspeksi dua kali seminggu pada Rabu dan Kamis, agar dapat segera menindaklanjuti kondisi prasarana yang tidak layak.

Selain memeriksa kondisi jalur kereta api, tim juga melakukan pemetaan perlintasan dan mengedukasi masyarakat mengenai bahaya beraktivitas di jalur kereta api.

Yuskal menegaskan bahwa keselamatan perjalanan kereta api harus dipersiapkan secara detail, mulai dari keandalan alat dan sumber daya manusia, serta kesiapan alat ukur.

Sementara, untuk memitigasi perlintasan liar dan jalan-jalan tikus yang ada di sepanjang jalur kereta api, pengecekan dilakukan dengan melibatkan semua unit, termasuk juga Unit Pengamanan/Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska).

“Di mana kesiapan dan keandalan alat kita harus didukung dengan sterilisasi yang kita lakukan, jadi alat kita akan baik dan andal jika didukung oleh sterilisasi jalur, agar tidak ada ada lagi hal-hal atau kegiatan di luar ketentuan yang dilaksanakan di track,” ujarnya.

Larangan bagi orang yang bukan petugas KAI berada dan beraktivitas di jalur kereta api tertuang di dalam UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Untuk keselamatan dan keamanan bersama, Yuskal menyatakan bahwa pihaknya secara berkala terus melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak beraktivitas di jalur kereta api.

Ia juga mengimbau masyarakat yang tinggal di sekitar jalur kereta api untuk turut menjaga kebersihan dan keamanan jalur.

Menurut Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023, terdapat 1.524 perjalanan kereta api setiap harinya melalui jalur di wilayah KAI Daop 1 Jakarta.

Jalur tersebut mencakup 832.955 meter spoor, yang dengan batas Stasiun Tanjung Priok di utara, Stasiun Merak di barat, Stasiun Sukabumi di selatan, hingga Stasiun Cikampek di timur.

Baca juga: KAI Daop 1 Jakarta angkut 8 juta penumpang hingga triwulan III 2024
Baca juga: KAI Daop 1 minta pemda tingkatkan keselamatan di perlintasan KA
Baca juga: KAI Daop 1 Jakarta tekankan pentingnya dedikasi pegawai jalankan tugas


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024