"Iya, kemarin itu banyak kasus anak ya mulai kekerasan perundungan, juga kasus lainnya sampai ada yang bunuh diri, sebagai persiapan generasi emas ke depan untuk SD dan SMP juga memfungsikan satgas teman sebaya,"
Surabaya (ANTARA) - Anggota DPRD Surabaya Ajeng Wira Wati meminta untuk pengoptimalan satuan tugas teman sebaya sebagai upaya untuk mencegah terjadinya perundungan di kalangan pelajar di kota setempat.

Ia mengemukakan, untuk menekan kekerasan dan perundungan dirinya meminta memfungsikan dan mengoptimalkan satgas teman sebaya mulai SD hingga SMP, untuk mewujudkan generasi emas.

"Iya, kemarin itu banyak kasus anak ya mulai kekerasan perundungan, juga kasus lainnya sampai ada yang bunuh diri, sebagai persiapan generasi emas ke depan untuk SD dan SMP juga memfungsikan satgas teman sebaya," katanya di Surabaya, Sabtu.

Ia juga mendorong kepada Dinas Pendidikan Kota Surabaya supaya mengajak wali murid berpartisipasi aktif dalam meminimalkan terjadinya perundungan di kalangan siswa. Selain itu, juga mengajak supaya pemenuhan minat dan bakat serta prestasi siswa, supaya tidak terjebak dalam kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat.

"Dinas pendidikan mengajak wali peran serta wali murid untuk lebih berpartisipasi untuk meminimalkan perundungan tersebut. Kemudian juga pemenuhan minat dan bakat prestasi mereka, supaya mereka tidak beralih ke kegiatan yang menyimpang dan lainnya," katanya.

Ajeng meminta memperbanyak sebaran kamera pengintai untuk melindungi perempuan khususnya siswa dari tindak kejahatan karena perlindungan terhadap perempuan dan anak harus dipertebal.

"Memang perlindungan anak harus kuat, juga penggunaan media sosialnya harus dikontrol agar tidak mudah tergoda orang yang tidak dikenal," tuturnya.

Ajeng menekankan ada edukasi tentang bijak bermedia sosial, penambahan CCTV juga optimalisasi pendampingan bimbingan konseling mulai SD hingga SMP agar tidak ada kasus perundungan.

"Ini harus ada edukasi mengenai bijak bermedia sosial, kemudian CCTV dan juga optimalisasi itu satgas teman sebaya jika perlu memang ditambah untuk pendampingan bimbingan konseling baik di SD dan SMP supaya tidak ada kasus perundungan," ucapnya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024