Makassar (ANTARA) - Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Makassar Andi Arwin Azis secara resmi membuka Makassar International Jetski Championship 2024 yang pesertanya diikuti dari beberapa negara tetangga anggota ASEAN.

"Saya atas nama Pemerintah Kota Makassar mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang mendatangkan banyak orang, apalagi dari luar negeri ke Kota Makassar," ujarnya di Makassar, Sabtu.

Andi Arwin Azis mengapresiasi kolaborasi yang kuat antara asosiasi Jetski, komunitas, dan Pemkot Makassar yang rutin menyelenggarakan event olahraga seperti itu.

Menurutnya, kompetisi itu merupakan bukti nyata komitmen pemerintah dalam memajukan olahraga di tingkat internasional.

Selain itu, ia menekankan pentingnya konsistensi dalam penyelenggaraan event seperti ini untuk meningkatkan citra Makassar di mata dunia.

"Kompetisi ini bukan hanya tentang prestasi olahraga, tetapi juga mendukung sport tourism di Makassar. Kedatangan para rider internasional tidak hanya memajukan olahraga, tetapi juga membawa dampak positif bagi ekonomi dan pariwisata," katanya.

Baca juga: Kemenpora ingin Dispora Jakarta buat kejuaraan jetski di Ancol

Sebelum kompetisi dimulai, Andi Arwin menyampaikan ucapan selamat bertanding kepada para peserta. Ia mengingatkan para atlet untuk selalu menjunjung tinggi sportivitas selama bertanding, mengingat pentingnya fair play dalam setiap pertandingan olahraga.

Tahun ini, Makassar International Jetski Championship 2024 diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari Indonesia, Thailand, dan Malaysia.

Kompetisi juga menghadirkan kelas junior untuk peserta usia 12-15 tahun, sebagai bagian dari upaya pembinaan prestasi usia dini.

Andi Arwin juga menekankan pentingnya keberlanjutan dalam pembinaan olahraga di Makassar.

Menurutnya, Dispora Makassar telah menunjukkan komitmen besar dalam mengembangkan berbagai cabang olahraga, termasuk jetski.

Ia berharap event ini dapat terus dikembangkan di masa mendatang, baik dari sisi jumlah peserta maupun jumlah pengunjung. Seperti memberikan kemudahan bagi peserta, terutama yang datang dari luar negeri, dengan menawarkan fasilitas seperti akomodasi dan transportasi.

“Kita harus memberikan dukungan penuh, termasuk kemudahan akomodasi dan transportasi bagi peserta luar negeri. Ini akan meningkatkan minat mereka untuk terus berpartisipasi dalam event internasional seperti ini,” kata Andi Arwin.

Bersama Anggota DPRD Sulsel Edward Horas, Anggota DPRD Makassar Erik Horas serta para rider, Andi Arwin Azis melepas kerinduan dengan menyempatkan memacu jetski di antara ombak Pantai Biru.

Baca juga: Aqua Bike Indonesia Championship promosikan pariwisata Bali Utara 

Baca juga: Aero: Penghargaan Insan Olahraga semoga memotivasi atlet jetski junior

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024