Akses keuangan merupakan hak semua orang dan berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk (BNI) mendukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat melalui Financial Expo (FinExpo) 2024 di Balikpapan, Kalimantan Timur.

FinExpo 2024 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 yang diinisiasi oleh OJK. Acara ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang layanan keuangan serta mempercepat peningkatan jumlah rekening dan penggunaan produk serta layanan jasa keuangan.

“Akses keuangan merupakan hak semua orang dan berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan. BNI hadir untuk memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat, mulai dari kepemilikan rekening hingga produk pembiayaan, asuransi, investasi dan program pensiun,” ujar Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom di Jakarta, Sabtu.

Selain memperkenalkan layanan keuangan konvensional, BNI juga mendorong masyarakat untuk lebih aktif melakukan transaksi digital melalui platform QRIS dan wondr by BNI. Dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang layanan digital ini, BNI berharap semakin banyak nasabah yang beralih ke produk digital dan memanfaatkan berbagai fitur serta keuntungannya.

"FinExpo 2024 juga berperan penting dalam mempersempit kesenjangan akses keuangan, dengan target utama mengurangi jumlah masyarakat yang belum memiliki akses ke layanan perbankan (unbanked)," kata Mucharom.

Baca juga: Direktur BNI berbagi tips berinvestasi sesuai profil risiko

Baca juga: Lo Kheng Hong sebut "wonderful company" saham ideal, BNI jadi contoh


Sebagai bagian dari rangkaian acara Fin Expo 2024, BNI bersama dengan Bank Indonesia (BI), OJK, Bursa Efek Indonesia (BEI), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memberikan edukasi keuangan, termasuk kepada mahasiswa di sekitar Balikpapan, melalui kegiatan bertema “GENCARKAN Investasi Bagi Generasi Muda Menuju Indonesia Maju.”

Kegiatan edukasi ini sejalan dengan program Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) yang bertujuan meningkatkan literasi keuangan generasi muda. Dengan literasi yang lebih baik, masyarakat diharapkan dapat mengambil keputusan finansial yang tepat dan terhindar dari potensi kejahatan keuangan.

“BNI terus melakukan inovasi produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kami berkomitmen untuk konsisten memberikan layanan berkualitas bagi seluruh nasabah dan masyarakat,” tutup Mucharom.

Baca juga: BNI menghadirkan fitur bisnis baru di platform BNIdirect

Baca juga: Tingkatkan layanan, BNI relokasi kantor luar negeri di Singapura


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024