Solo (ANTARA) - Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) merebut medali emas cabang sepak bola cerebral palsy (CP) Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII di Solo, Jawa Tengah.

Kalimantan Selatan menjadi juara setelah di babak final mengalahkan Provinsi Jawa Tengah dengan skor 5-2 dalam pertandingan yang digelar di Stadion UNS Surakarta, Sabtu.

Pelatih Kalimantan Selatan Supriono mengatakan kolektivitas pemain, disiplin, dan pantang menyerah menjadi kunci kemenangan pada babak final ini.

"Tuan rumah bermain luar biasa. Tetapi ada hal yang ada pada kami yang lebih siap dari mereka," katanya.

Baca juga: Aceh lampaui target usai kantongi empat medali emas Peparnas 2024

Selain itu, lanjut dia, kemampuan pemain Kalimantan Selatan yang relatif merata membuat satu sama lain mampu saling mengisi.

Menurut dia, kemampuan fisik yang lebih bagus membuat pemain Kalimantan Selatan diinstruksikan untuk selalu menekan pemain Jawa Tengah dan disiplin.

Tim sepak bola CP Kalimantan Selatan, lanjut dia, memiliki persiapan lebih baik karena sudah dipersiapkan lebih dari setahun yang lalu.

Sementara pemain Kalimantan Selatan M.Yahya Hernanda bersyukur jerih payah persiapan selama 1,5 tahun untuk menghadapi Peparnas XVII ini terbayar lunas dengan medali emas.

Di babak pertama, kata dia, para pemain belum bisa bermain lepas sehingga belum mampu mencetak gol.

"Saya sampaikan ke teman-teman agar harus lebih percaya diri dan bermain lepas," katanya.

Sementara itu, peringkat ketiga pada cabang olahraga Sepak Bola CP diraih oleh Provinsi Papua setelah mengalahkan Kalimantan Timur dengan skor 5-1.

Baca juga: IADO kirim 92 sampel atlet Peparnas 2024 untuk tes doping di Bangkok

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024