Proses wisuda ini sangat menarik, wisuda di lokasi ikonik seperti ini akan memberikan kenangan lebih berkesan dibanding gedung konvensional
Makassar (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di masa akhir jabatannya turut menghadiri pelaksanaan wisuda 561 mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar di Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan.

"Proses wisuda ini sangat menarik, wisuda di lokasi ikonik seperti ini akan memberikan kenangan lebih berkesan dibanding gedung konvensional. Seperti saya dulu wisuda berlatar belakang Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat," ujar Sandiaga di Pantai Losari Makassar, Sabtu.

Menurutnya, penyelenggaraan wisuda di lokasi ikon Kota Makassar tersebut merupakan salah satu konsep pariwisata yang kreatif dan inovatif apalagi di wilayah terbuka dan disaksikan publik berlatar belakang kapal pinisi asli.

Pihaknya berharap lulusan Poltekpar Makassar dapat diserap di dunia kerja, termasuk kontribusi alumni bisa merintis bisnis kreatif.

Selain itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) oleh Poltekpar mesti terus dipacu dengan memanfaatkan teknologi dan ekonomi hijau agar serapan tenaga kerja dapat diakomodir baik pemerintah maupun pihak swasta.

Baca juga: Menparekraf tampung aspirasi pegiat parekraf di Sultra

Baca juga: Sandiaga sebut konektivitas jadi kunci tingkatkan kunjungan wisman


"Ini kegiatan terakhir yang saya hadiri di Politeknik Pariwisata Makassar. Saya ucapkan selamat kepada 561 wisudawan kita yang akan menjadi ujung tombak dari pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan," paparnya.

"Mereka sebagian sudah mendapatkan pekerjaan, sebagian lagi sudah memulai usaha sehingga ini menjadi sebuah prototype bahwa institusi pendidikan kita bisa menciptakan peluang usaha, dan lapangan kerja yang luas di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.


 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (tengah) berfoto bersama jajaran civitas akademika Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar saat pelaksanaan wisuda sebanyak 561 orang alumnus Poltekpar Makassar di Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (12/10/2024). ANTARA/Darwin Fatir.




Selain kepada wisudawan, Sandi juga menyampaikan terima kasih kepada para orang tua para wisudawan dan mengajak bersama-sama membangun Indonesia maju menuju Indonesia Emas 2045.

"Ke depan harus ditingkatkan lagi kualitas SDM kita dengan teknologi dan transformasi ekonomi hijau. Karena, kita melihat pelaku industri dan masyarakat menginginkan produk pariwisata hijau berkelas dunia," tuturnya menyemangati.

Untuk wilayah Sulsel khususnya dan Indonesia Timur, Sandi bilang sangat membutuhkan SDM pariwisata dan ekonomi kreatif yang memiliki daya saing dan sanggup untuk mengisi segala peluang yang dihadirkan.

Sementara itu, Direktur Poltekpar Makassar Dr Herry Rachmat Widjaja pada kesempatan itu melaporkan jumlah wisudawan sebanyak 561 orang tersebut berasal dari tiga jurusan dan delapan program studi.

Seperti, Divisi Kamar dengan 37 orang lulusan, Tata Hidangan dengan lulusan 54 orang, Seni Kuliner sebanyak 68 orang lulusan, Perjalanan Wisata 60 orang lulusan, Pengelolaan Konvensi Acara 83 orang lulusan, Usaha Perjalanan Wisata 100 orang lulusan, Pengelola Perhotelan 74 orang dan Destinasi Pariwisata 85 orang lulusan.

"Lulusan Poltekpar harus siap menghadapi tantangan global dengan bekal keterampilan yang telah diperoleh. Kalian adalah bagian penting dari solusi pembangunan pariwisata, khususnya di Sulsel," tuturnya menyemangati mereka yang telah mengikuti prosesi wisuda.

Baca juga: Pemerintah serukan kolaborasi pentahelix majukan wisata berkualitas

Baca juga: Pemerintah sebut isu keberlanjutan pariwisata telah masuk dalam RPJMN

 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024