Jakarta (ANTARA) - Kursus bahasa Inggris merupakan program atau kelas yang dirancang untuk mengajarkan keterampilan berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan. Dalam kursus bahasa Inggris bisa diadakan secara tatap muka atau online.

Kursus ini biasanya mencakup berbagai aspek, seperti tata bahasa, kosakata, pengucapan, mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Tujuannya adalah untuk membantu peserta meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka, baik untuk tujuan akademis, profesional, maupun sosial.

Dalam era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris menjadi semakin penting. Bahasa Inggris bukan hanya digunakan sebagai bahasa internasional dalam komunikasi, tetapi juga menjadi syarat utama dalam banyak bidang, seperti pendidikan, dunia kerja, dan sebagainya.

Oleh karena itu, mengikuti kursus bahasa Inggris menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan berbahasa ini.


Harga kursus bahasa Inggris

Untuk biaya kursus bahasa Inggris, terdapat perbedaan di berbagai faktor. Ini tergantung dari usia, kelas, metode pembelajaran dan masing-masing setiap tempat kursus.

Dengan memahami berbagai faktor yang mempengaruhi biaya kursus ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih kursus yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Investasi dalam kursus bahasa Inggris bukan hanya untuk saat ini, tetapi juga untuk masa depan yang lebih cerah.

Baca juga: Hal penting saat pilih kursus Bahasa Inggris secara daring
Baca juga: Bluebird-EF Kids and Teens hadirkan kelas bahasa Inggris di bus


Memilih tempat kursus bahasa Inggris yang sesuai kebutuhan perlu dilakukan secara benar dan teliti, karena akan berpengaruh pada hasil pengajaran yang Anda dapatkan.

Berikut ini harga dari beberapa tempat kursus bahasa Inggris pilihan terbaik:

1. IELC English Campus

Tempat kursus ini merupakan pilihan yang patut Anda pertimbangkan saat mencari kursus bahasa Inggris online. Terdapat Kelas Inggris online untuk Anak, Remaja, dan Dewasa, serta Kursus Persiapan IELTS, TOEFL, dan TOEFL iBT online. Anda dapat memilih antara kelas kelompok atau privat sesuai kebutuhan.

Adapun biaya yang ditawarkan berkisar antara Rp1.000.000–Rp3.000.000 hingga untuk kelas bahasa Inggris anak, remaja, dan dewasa. Sementara itu, kursus persiapan IELTS, TOEFL, dan TOEFL iBT berada dalam rentang Rp2.500.000–Rp12.000.000.


2. Cakap

Dengan lebih dari 1.800 guru berpengalaman, baik lokal maupun asing, Cakap menawarkan berbagai metode pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan preferensi Anda, mulai dari kelas privat hingga kelas kelompok secara online.

Cakap juga menyediakan beragam pilihan kurikulum untuk membantu Anda mencapai tujuan belajar bahasa Inggris, seperti English in the Workspace, TOEFL ITP, TOEFL iBT, General English, English Sales Marketing, English for Interview, dan sebagainya.

Biaya yang ditawarkan bervariasi antara Rp67.800–Rp6.300.000, ini tergantung pada kurikulum yang dipilih dan jumlah sesi pembelajaran.


3. English Academy by Ruang guru

English Academy menawarkan berbagai pilihan program dan paket kursus, yang meliputi Dasher (untuk usia 3-6 tahun), Runner (7-10 tahun), Sprinter (11-14 tahun), Ranger (15-18 tahun), Explorer (di atas 18 tahun), Professional (untuk keperluan bisnis), dan IELTS (untuk usia di atas 15 tahun).

Setiap program memiliki durasi kursus yang bervariasi, mulai dari 3 hingga 12 bulan (1 tahun). Adapun biaya yang dikenakan berkisar antara Rp2.000.000–Rp2.400.000. Sementara untuk program English Academy Elite dikenakan biaya sebesar Rp3.000.000.

Baca juga: Estimasi biaya dan tips memilih kursus desain grafis
Baca juga: Mau mahir mengemudi mobil? Ini kisaran harga kursus menyetir

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024