Kami sudah melakukan MoU atau nota kesepahaman kerja sama dalam bidang pendidikan dan pelatihan untuk perawatan sarana KRL Commuter Line dengan Nabtesco Corporation, Nabtesco Service, dan Nabtesco Service Southeast Asia di Tokyo, Jepang
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) menjalin kerja sama dengan perusahaan Nabtesco Corporation, Nabtesco Service, dan Nabtesco Service Southeast Asia di Tokyo, Jepang, dalam meningkatkan keterampilan sumber daya manusia (SDM) perkeretaapian di tanah air.

"Kami sudah melakukan MoU atau nota kesepahaman kerja sama dalam bidang pendidikan dan pelatihan untuk perawatan sarana KRL Commuter Line dengan Nabtesco Corporation, Nabtesco Service, dan Nabtesco Service Southeast Asia di Tokyo, Jepang," kata Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Asdo menyampaikan bahwa ia melakukan penandatanganan kerja sama itu pada Selasa (8/10) di Jepang. Baginya, MoU tersebut akan saling menguntungkan karena dapat meningkatkan keterampilan SDM KAI Commuter dalam perawatan sarana KRL.

“KAI Commuter akan segera mengirimkan para pegawai untuk menjalani pendidikan dan pelatihan untuk menambah pengetahuan tentang perawatan, troubleshooting system pengereman, pintu kereta api, serta bidang lainnya yang relevan,” kata Asdo menjelaskan.

Asdo juga menambahkan bahwa penandatanganan MoU ini bertujuan untuk mengembangkan kerja sama dalam bidang perkeretaapian dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada.

"Jadi, nantinya secara rutin akan dilakukan pertemuan dan pembahasan dengan Nabtesco Corporation untuk pertukaran informasi dan evaluasi pelaksanaan MoU ini,” tambah Asdo.

Dia mengungkapkan bahwa selain kerja sama bidang pendidikan dan pelatihan, dalam lima tahun terakhir KAI Commuter juga telah melakukan kerja sama dengan Nabtesco Corporation dalam bidang suku cadang maintenance dan pengadaan alat sarana kereta.

Oleh karena itu, dengan kerja sama itu KAI Commuter berharap untuk dapat terus belajar bagaimana melakukan perawatan rangkaian KRL dari Jepang yang dimiliki KAI Commuter.

Kerja sama itu tambah Asdo, juga dilakukan untuk kemajuan perkeretaapian di Indonesia, selain juga untuk dapat lebih baik dalam melayani pengguna Commuter Line.

"Nabtesco Corporation sendiri merupakan produsen suku cadang kereta api terkemuka. Salah satunya sarana EMU (KRL) yang dimiliki KAI Commuter, seperti KRL seri 05 Tokyo Metro, 7000 Tokyo Metro, 6000 Tokyo Metro, 205 JR, 203 JR dan 8000 Tokyu," kata Asdo.

Baca juga: KAI Commuter layani 156,8 juta penumpang selama paruh pertama 2024
Baca juga: KAI Commuter jamin keamanan data pengguna seusai peretasan


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024