Jakarta (ANTARA) - Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi bersama pasangannya petenis Kanada Leylah Fernandez mengamankan tempat di semifinal Wuhan Open setelah mengandaskan unggulan kedua.

Pada babak perempat final, Jumat, Aldila/Leylah sukses menundukkan Ellen Perez/Nicole Melichar Martinez melalui perjuangan keras dengan skor akhir 6-4, 6-4, untuk memastikan tempat di empat besar ajang WTA 1000 itu.

Aldila/Leylah sempat unggul 4-1 pada set pertama, namun pasangan lawan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 4-4. Momen tersebut menjadi titik balik yang menguatkan mentalitas mereka untuk kembali unggul dan menutup set dengan kemenangan 6-4.

"Yang pastinya kita walaupun kita udah unggul dan mereka menyamakan keadaan, kita tetap bermain dengan tenang dan berhasil mendapatkan set pertama dengan baik," kata Aldila kepada ANTARA melalui pesan instan.

Baca juga: Aldila Sutjiadi kembali berpasangan dengan Leylah di WTA 1000 Wuhan

"Dan yang pastinya kita dikejar lawan tapi kita bisa bermain dengan tenang dan dengan baik dan fokus by poin"

Pada babak semifinal, Aldila/Leylah akan berhadapan dengan mantan partner Aldila, Asia Muhammad, yang berpasangan dengan Jessica Pegula, yang saat ini berada diperingkat tiga dunia untuk tunggal putri.

"Yang pastinya kita sudah tau ya, style game-nya Asia dan Pegula bagaimana, dan mereka pun tahu game kita, pasti besok kita akan bermain game kita dulu dan melihat situasi dari situ," ujar Aldila.

Baca juga: Berpikir positif kunci Aldila lolos ke 16 besar Wuhan Open

"Apakah kita perlu adjustment, kalau kita berhasil, kita akan meneruskan permainan kita."

Aldila masih memiliki sejumlah agenda hingga akhir musim 2024. Setelah Wuhan, petenis berusia 29 tahun itu dijadwalkan melanjutkan kompetisi di beberapa turnamen penting di Asia, termasuk Ningbo dan Hong Kong.

Rangkaian turnamen itu sangat krusial dalam mendongkrak peringkat Aldila, yang mencatat rekor tertinggi posisi 26 dunia pada 23 Oktober 2023.

Turnamen-turnamen itu juga menjadi bagian dari persiapan Aldila untuk menghadapi musim kompetisi 2025 dan meningkatkan performa dalam ajang internasional.

Baca juga: Aldila melaju ke perempat final Wuhan Open usai tekuk juara Grand Slam
Baca juga: Duet dengan Leylah Fernandez, Aldila maju ke 16 besar China Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024