Sidang Paripurna MPR RI mulai pukul 08.00 hingga pukul 11.23 WIB.
Jakarta (ANTARA) - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menggelar Briefing and Site Visit sebagai persiapan menjelang Sidang Paripurna MPR RI dengan agenda Pelantikan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih pada Pemilu 2024 menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI pada 20 Oktober mendatang.

Plt. Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah mengatakan bahwa Sidang Paripurna MPR RI mulai pukul 08.00 hingga pukul 11.23 WIB.

Acara dimulai dengan proses kedatangan pimpinan MPR RI hingga tamu undangan.

"Agenda utama pelantikan pada pukul 10.00 WIB," kata Siti dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Siti menyampaikan seputar hal teknis kepada para duta besar (dubes) dan perwakilan duta besar negara-negara sahabat yang hadir dalam pertemuan itu.

Hal-hal teknis itu seperti akses-akses bagi para tamu undangan yang bakal hadir, di antaranya terkait dengan penempatan kursi para kepala negara di dalam ruang sidang paripurna hingga tempat beberapa fasilitas ruang kesehatan dan medis.

Para perwakilan negara sahabat itu dijelaskan pula mengenai seputar penerimaan, pengawalan, dan pelayanan keprotokolan kepada para kepala negara yang bakal menjadi tamu kehormatan.

Hal yang dijelaskan itu mulai dari penyediaan landasan pesawat bagi kepala negara di Bandara Halim Perdanakusumah dan Bandara Soekarno-Hatta hingga akses masuk ke ruang sidang paripurna, kompleks parlemen.

Para dubes dan perwakilan negara sahabat itu diajak berkeliling melakukan peninjauan lokasi acara, mulai dari ruang sidang paripurna hingga ruang-ruang lainnya yang menjadi fasilitas VVIP.

Baca juga: TNI kerahkan pasukan dari AD, AL dan AU untuk pelantikan presiden baru
Baca juga: Jakpus bersihkan Jalan Sudirman-Gedung MPR sambut pelantikan presiden


Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024