Jakarta (ANTARA) - Guru merupakan profesi yang berperan penting sebagai pengajar pendidikan dari berbagai jenjang, salah satunya taman kanak-kanak (TK).

Taman kanak-kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan pra-sekolah yang menyediakan satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) pada jalur pendidikan formal.

Menjadi guru TK biasanya dipilih bagi sebagian orang yang senang dengan anak kecil. Bagi Anda yang ingin menjadi guru TK, perlu mengetahui terlebih dahulu untuk tugas, latar belakang pendidikan hingga gajinya.

Seorang guru TK akan mengajarkan muridnya yang berusia empat hingga enam tahun yang baru mengenal dan menyesuaikan dirinya dengan kegiatan belajar mengajar.

Menjadi seorang guru TK juga harus memiliki sifat ramah dan periang terhadap anak-anak untuk menciptakan lingkungan yang menyenangkan, sehingga membantu anak-anak merasa nyaman, termotivasi, dan terlibat dalam proses pembelajaran.

Hal ini lantaran guru TK bertanggung jawab atas pengembangan kemampuan dasar dalam pendidikan melalui pembelajaran di ruang kelas untuk meningkatkan daya cipta anak-anak dan memacu untuk belajar mengenal berbagai macam ilmu pengetahuan.

Biasanya, guru TK akan mengajarkan melalui pendekatan nilai motorik, kognitif, bahasa, seni dan agama.

Selain itu, guru TK juga berperan seperti orang tua di sekolah, membantu dan mengarahkan anak-anak untuk mengenal lingkungan serta mengajarkan soft skills dalam berperilaku sehari-hari seperti kemandirian, empati, komunikasi, kepemimpinan, dan tanggung jawab, agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Menjadi guru TK tentu membutuhkan latar belakang pendidikan yang sesuai untuk membantu memahami karakteristik serta perkembangan anak. Supaya bisa menguasai teknik pengajaran sambil bermain.

Adapun latar belakang pendidikan yang harus ditempuh untuk menjadi guru TK, minimal lulus dari jenjang pendidikan diploma empat atau sarjana dengan jurusan pendidikan guru taman kanak-kanak (PGTK), pendidikan anak usia dini (PAUD) atau psikologi untuk mendalami ilmu psikologi anak dan ilmu pendidikan anak usia dini.

Kemudian, guru TK juga bisa mengikuti Program PPG (Pendidikan Profesi Guru) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk mendapatkan sertifikat Pendidik.

Perihal gaji, guru TK memiliki gaji yang bervariasi tergantung dari lokasi, pengalaman yang dimiliki dan jenis institusi pendidikan. Estimasi gaji yang dapat diperoleh seorang guru TK swasta di Indonesia berkisar antara Rp1.200.000 hingga Rp4.000.000 per bulan.

Selain itu, untuk guru TK yang telah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengikuti gaji pokok PNS yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2024 Tentang Perubahan Kesembilan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Gaji pokok PNS ditentukan berdasarkan golongan, yang salah satunya dinilai dari masa kerja. Adapun gaji pokok PNS mulai dari Rp1.685.700 hingga Rp6.373.200.

Baca juga: Besaran gaji petugas pemadam kebakaran di Indonesia

Baca juga: Berapa gaji satpam bank di Indonesia?

Baca juga: Berapa gaji dan tunjangan jaksa di Indonesia?

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024