Dan ini bisa disebut pariwisata hijau kelas internasional,
Kendari (ANTARA) - Menteri Perekonomian dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno menyebut bahwa Desa Wisata Labengki, Kabupaten Konawe Utara, merupakan destinasi wisata yang luar biasa indah dan lengkap dari segi pariwisata.


"Labengki hanya ada dua kata, luar biasa," kata Menparekraf RI Sandiaga Salahudin Uno melakukan kunjungan kerja di Desa Wisata Labengki, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat.

Dia menyebutkan bahwa Desa Wisata Labengki yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2024, mempunyai keindahan budaya, alam, dan juga wisata kelas dunia dalam pariwisata yang dimiliki oleh Indonesia.

"Dan ini bisa disebut pariwisata hijau kelas internasional," ujarnya.

Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa dirinya telah mencoba langsung untuk diving di laut Desa Labengki dan melihat keindahan bawah laut yang bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang terbaik di Indonesia.

"Dan ini saya juga melihat keindahan bawah laut, keunikan bawah laut bisa menjadi salah satu yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, baik mancanegara maupun wisatawan nusantara," sebut Sandiaga Uno.
Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Desa Wisata Labengki. (ANTARA/Andry Denisah)

​​​​​​​
Ia juga berharap Desa Wisata Labengki bisa menarik banyak wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara, sehingga dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang besar bagi Kabupaten Konawe Utara.

"Saya sendiri melihat bahwa Labengki ini punya peluang, karena lengkap ada yang alam, ada juga yang budaya, juga ada sejarah karena tadi juga diberi tahu aspek sejarah dari Labengki ini," ucapnya.

Sandiaga juga berharap Desa Wisata Labengki tersebut bisa menjadi salah satu unggulan destinasi wisata yang terbaik di Nusantara.

Diketahui, Kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Labengki dalam rangka melihat langsung potensi alam, budaya serta daya tarik yang ada.

Ia menyampaikan bahwa ADWI merupakan ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf dengan tujuan mempromosikan desa wisata di Indonesia yang memiliki keunikan alam, budaya, dan atraksi tersendiri.

Sebagaimana diketahui, Desa Wisata Pulau Labengki beberapa waktu lalu berhasil masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 dari total 6.016 desa wisata yang terdaftar melalui platform resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024