Sebagai salah satu pengelola aset milik Bank Mandiri, kami berkomitmen untuk mendukung dan terus berkolaborasi dengan Bank Mandiri untuk menerapkan manajemen energi terbaik pada operasional seluruh aset yang dikelola guna meningkatkan efisiensi energ
Jakarta (ANTARA) -
Plaza Mandiri sebagai Kantor Pusat Bank Mandiri menjadi yang terbaik dalam kategori Manajemen Energi pada Industri dan Bangunan Gedung, subkategori Gedung Besar di ajang Penghargaan Subroto 2024, karena menerapkan strategi efisiensi energi berkelanjutan dan inovatif.
 
“Sebagai salah satu pengelola aset milik Bank Mandiri, kami berkomitmen untuk mendukung dan terus berkolaborasi dengan Bank Mandiri untuk menerapkan manajemen energi terbaik pada operasional seluruh aset yang dikelola guna meningkatkan efisiensi energi untuk mencapai target Sustainability Development Goals (SDGs) nasional,” kata Presiden Direktur PT Gedung Bank Exim Gempur Soesetyo Hadi di Jakarta, Jumat.
 
Hal itu disampaikan Gempur saat menerima penghargaan yang diserahkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia dan disaksikan Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis malam (10/10).
 
Menurut Gempur, manajemen energi berkelanjutan di Gedung berlantai 32 tingkat itu telah mengacu pada praktik terbaik internasional dengan mengedepankan prinsip efisiensi dan berkelanjutan. Hal ini juga sejalan dengan komitmen Bank Mandiri yang berupaya merealisasikan visi emisi karbon netral atau net zero emission operasional pada 2030.
 
Salah satu efisiensi yang diterapkan adalah retrofitting atau penambahan teknologi terbarukan pada Sistem Pengguna Energi Signifikan seperti sistem air conditioning dan sistem pencahayaan hemat energi.
 
“Hasilnya sangat signifikan. Karena Plaza Mandiri mampu melakukan penghematan sebesar 33 persen dari baseline (2017) hingga tahun 2023 sebesar 11.735.360 kWh/tahun atau setara dengan mengurangi emisi karbon sebesar 10.327,12 ton CO2/MWh,” ujarnya.
 
Pihaknya juga menyiapkan tim sumber daya manusia khusus yang berfungsi untuk memantau dan mengevaluasi penerapan teknologi serta melakukan sosialisasi kepada seluruh pengguna gedung.
 
Selain gedung Plaza Mandiri, saat ini PT Gedung Bank Exim juga tercatat sebagai pengelola Mandiri Digital Tower, yang telah memperoleh sertifikasi Platinum dari Green Building Council.

Sertifikasi itu menunjukkan komitmen terhadap bangunan ramah lingkungan dan dukungan Bank Mandiri dalam mencapai sasaran keberlanjutan serta penerapan environmental, social, and governance (ESG) yang komprehensif.

Baca juga: Nilai transaksi Livin' by Mandiri capai Rp3.600 triliun
Baca juga: Erick Thohir resmikan kantor IT baru Bank Mandiri

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024