Jakarta (ANTARA) - Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengeklaim sebanyak 87,5 persen buruh di Jakarta sepakat untuk memberikan dukungan kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta 2024.

"Pada hari ini, kami telah memutuskan melalui mekanisme organisasi dan bertanya langsung ke buruh, yakni sebanyak 87,5 persen buruh Jakarta tidak hanya anggota Partai Buruh, tapi buruh Jakarta memilih Ridwan Kamil," kata Said Iqbal usai deklarasi dukungan Partai Buruh kepada pasangan RIDO di Gedung KNPI, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat.

Para buruh, lanjut dia, menyampaikan aspirasi untuk partai buruh menentukan dukungan kepada Ridwan Kamil dan Suswono.

Selain itu, sekitar 95 persen serikat buruh yang ada di Jakarta meminta kepada Partai Buruh yang memiliki empat konfederasi terbesar di Indonesia, 60 konfederasi serikat pekerja tingkat nasional dan satu serikat petani Indonesia untuk mendukung pasangan RIDO.

"Dengan dasar pertimbangan itulah, kemudian kami rapat dan memutuskan mendukung pasangan RIDO," jelasnya.

Baca juga: Lewat Kartu Jakartaku Aman, Dharma janji integrasikan kebutuhan warga

Selain itu, rekam jejak di antara tiga pasangan calon gubernur, Ridwan Kamil yang bersentuhan langsung dengan buruh.

Oleh karena itu, Said Iqbal meminta kepada buruh untuk menyosialisasikan pasangan RIDO kepada masyarakat (pemilih).

"Paling tidak, sebelum bekerja atau usai bekerja para buruh bisa menyapa masyarakat untuk menyosialisasikan pasangan RIDO," katanya. 

Sementara itu, Ridwan Kamil mengaku senang sekitar 87,5 persen buruh di Jakarta mendukung pasangan RIDO.

"Ini berita terbaik yang saya dengar hari ini, mudah-mudahan mengerucut pada pemenangan RIDO dalam satu putaran," kata dia.

Baca juga: Pramono akan perbanyak ruang terbuka seperti GBK jika menang pilkada

Apalagi, lanjut dia, Presiden Partai Buruh Said Iqbal telah menginstruksikan agar buruh menyosialisasikan pasangan RIDO kepada masyarakat, baik sebelum kerja, maupun saat pulang kerja.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2, dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024