Kami bersyukur atas semua prestasi dan pencapaian yang sudah diraih
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Rektor Universitas Jember (Unej) Iwan Taruna meluncurkan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-60 dalam acara Harmoni Pagi yang dipusatkan di Gedung Fakultas Hukum Unej Jumat.

Rektor menjelaskan,  pada 10 November 2024 Unej akan berusia 60 tahun dan menyambut enam dekade kampus negeri tertua di Jember itu, Does Natalis akan mengusung tema "Unej Unggul Menyongsong Indonesia Emas".

"Kami bersyukur atas semua prestasi dan pencapaian yang sudah diraih oleh Unej, sehingga di usia 60 tahun sudah banyak meraih prestasi membanggakan," kata Iwan Taruna dalam sambutannya.

Data terbaru prestasi Unej yakni menduduki peringkat ke-13 dari seluruh PTN dan PTS di Indonesia berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Times Higher Education World University Rangkings (THE WUR) 2025, yang berpusat di London, Inggris.

“Seluruh pencapaian itu tentu berkat kerja sama, gotong royong dan kebersamaan semua pihak di kampus dari mahasiswa, dosen hingga tenaga kependidikan," katanya.

Termasuk tradisi menyelenggarakan kegiatan Harmoni Pagi secara rutin dengan tuan rumah bergantian dari satu fakultas ke fakultas lain juga dalam rangka menjalin tali silaturahmi.

Baca juga: Duta Kampus Unej wakili Indonesia "Youth Exchange" Malaysia-Singapura
Baca juga: Dua peneliti Unej masuk 2 persen ilmuwan berpengaruh dunia 2024


Sementara itu Ketua Panitia Dies Natalis ke-60 Unej, Fendi Setyawan menjelaskan banyak kegiatan yang akan dihelat mulai kegiatan bernilai akademis, olah raga hingga bernuansa budaya. Misalnya seminar mengenai beras fortifikasi guna mengembangkan ketahanan pangan.

Kemudian kelas jurnalistik yang akan diberikan oleh alumni yang berkarier sebagai jurnalis senior di berbagai media massa, hingga kuliah umum oleh Kabareskrim Polri yang membahas kejahatan di era digital.

"Ada juga kegiatan seni budaya seperti Unej Film Festival dan Parade Reog. Tak ketinggalan kegiatan penilaian bagi mereka yang berprestasi baik dosen, tenaga kependidikan dan organisasi kemahasiswaan yang ada sebagai apresiasi kami bagi publik internal," katanya.

Unej juga menggelar beragam kegiatan olah raga seperti fun bike dan lomba lari bertajuk "Unej Run Law for Justice,”.

Peluncuran rangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis itu juga dihiasi tangis haru karena salah satu tenaga kependidikan di FH Unej menerima hadiah undian berupa umrah ke Tanah Suci yakni M. Komarul Hadi dari Sub Bagian Barang Milik Negara/Perlengkapan.

Begitu namanya disebut oleh Dekan Fakultas Hukum Prof. Bayu Dwi Anggono maka Komarul langsung sujud syukur, bahkan tangisnya tak terbendung ketika menerima hadiah tersebut.

"Hadiah umrah itu sebagai apresiasi bagi tenaga kependidikan di FH hingga bisa meraih banyak prestasi, terbaru FH Unej masuk dalam 10 Fakultas Hukum terbaik di Indonesia," kata Bayu.

Baca juga: Rektor Unej minta wisudawan berkontribusi atasi permasalahan bangsa
Baca juga: Dosen Unej dipercaya mengajar program doktoral di UPTC Colombia
Baca juga: Mahasiswa Universitas Jember sabet juara 3 desain batik Kemenlu


 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024