Kota Bogor (ANTARA) - Calon Gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dikunjunginya di Kelurahan Sindangbarang, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Syaikhu dalam kunjungannya di Kota Bogor pada Jumat, menyampaikan apresiasinya terhadap pelaku UMKM yang memproduksi makanan beku sehat dan premium, yang digagas salah seorang warga.

Bahkan, UMKM ini bisa memberikan bantuan lewat program corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial, untuk penanganan stunting di wilayah tersebut.

“Saya hadir di tempat salah satu UMKM ini karena memang ini tumbuh kembang dari awal. Saya juga apresiasi dengan Bu Wulan yang sudah memberikan CSR-nya Untuk mengatasi stunting di kelurahan ini,” ujarnya.

Selain dinilai dapat menangani permasalahan stunting, menurut Syaikhu, kehadiran UMKM bisa membantu penyerapan tenaga kerja.

Hal ini, kata dia, juga selaras dengan program Satu Desa Satu Industri yang diinisiasi Ahmad Syaikhu dan calon wakil gubernurnya, Ilham Habibie.

“Jadi kalau kita bayangkan satu industri UMKM dengan hampir 6.000 desa, berarti ada 6.000 industri yang harusnya ada di setiap desa di Jawa Barat,” kata Syaikhu.

Selain menciptakan lapangan kerja, Syaikhu juga berjanji Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan dukungan, berupa menyediakan pasar bagi produk yang dihasilkan industri desa tersebut.

Diketahui, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat lain, ialah pasangan K.H. Acep Adang Ruhiat-Gitalis Dwi Natarina, Jeje Wiradinata-Ronald Surapradja, dan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan.

Baca juga: Syaikhu tanggapi hasil survei LSI Denny JA
Baca juga: Syaikhu nilai budaya Sunda penting untuk bangun Jabar


Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024