Banjarmasin (ANTARA) - Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad) menunjuk Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Lambung Mangkurat (FKIK ULM) menjadi rujukan para dokter TNI untuk mengambil program studi pendidikan dokter spesialis terutama untuk regional Kalimantan.

"FKIK ULM dijadikan sebagai salah satu tempat tujuan pendidikan dokter spesialis bagi dokter umum anggota TNI untuk meningkatkan keahlian medis," kata Dekan FKIK ULM Prof Dr Syamsul Arifin di Banjarbaru, Jumat.

Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama (PKS) antara ULM dengan Kementerian Pertahanan RI.

Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat Mayjen TNI dr Sugiarto meneken PKS bersama Dekan FKIK ULM Prof Syamsul Arifin berkaitan kerja sama pendidikan dokter spesialis bagi anggota TNI.

Baca juga: ULM cetak 2.254 dokter bantu pemenuhan dokter di penjuru Kalimantan

Syamsul mengaku kepercayaan Puskesad merupakan suatu kebanggaan bagi FKIK ULM yang senantiasa menyelenggarakan program studi (prodi) pendidikan dokter spesialis bermutu.

Menurut dia, saat ini di FKIK ULM ada tujuh prodi spesialis yakni Prodi Spesialis Obstetri dan Ginecology, Prodi Spesialis Bedah, Prodi Spesialis Ilmu Kesehatan Anak, Prodi Spesialis Penyakit Dalam, Prodi Spesialis Paru, Prodi Spesialis Anestesiologi, serta Prodi Spesialis Orthopedi dan Traumatologi.

"Khusus Prodi Spesialis Penyakit Dalam telah meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes)," ujarnya.

Baca juga: Prodi dan Pendidikan Profesi Dokter ULM raih akreditasi unggul

Selain Prodi Spesialis Penyakit Dalam yang terakreditasi Unggul, kata dia, prodi lainnya terakreditasi Baik Sekali, dan hanya Prodi Spesialis Orthopedi dan Traumatologi yang baru berdiri akreditasinya Baik.

Syamsul mengatakan alumni FKIK ULM yang berkarier di TNI ada tiga orang dengan rata-rata pangkat saat ini Letnan Kolonel.

Salah satunya Kepala Rumah Sakit TPT Dr R Soeharsono Banjarmasin Letkol Ckm dr Dames Indralaga.

Baca juga: ULM telah cetak 29 dokter spesialis untuk daerah yang membutuhkan

"Kami pun mendorong bisa lebih banyak alumnus FKIK ULM berkarier di TNI-Polri sebagai bagian dari pengabdian kepada bangsa dan negara dengan masa depan karier yang sangat terbuka," ujarnya.

Pewarta: Firman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024