Biasanya tamu-tamu kita itu hanya jadi imam, tapi sekarang ini beliau bisa menjadi khatib sekaligus. Jadi kurang lebih 50 tahun Masjid Istiqlal baru pertama kali ini ada khotbah yang berbahasa Arab...
Jakarta (ANTARA) - Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar menyatakan khotbah berbahasa Arab oleh Imam Besar Masjid Nabawi Syekh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi dalam ibadah Shalat Jumat hari ini menjadi sejarah masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut.
 
"Biasanya tamu-tamu kita itu hanya jadi imam, tapi sekarang ini beliau bisa menjadi khatib sekaligus. Jadi kurang lebih 50 tahun Masjid Istiqlal baru pertama kali ini ada khotbah yang berbahasa Arab, yang langsung dikhotbahkan oleh Imam Besar Masjid Madinah yang sangat terkenal," kata Nasaruddin di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat.
 
Nasaruddin mengatakan khotbah yang disampaikan oleh Syekh Ahmad turut menjadi kebanggaan Masjid Istiqlal, juga umat Islam di Indonesia.

Baca juga: Imam Besar Masjid Nabawi ungkap perasaan rindu ingin datangi Indonesia
 
Sebab, jelas dia, dalam khotbah tersebut Syekh Ahmad terus memuji-muji Indonesia, dimana Indonesia adalah negara yang toleran, menghargai kebersamaan, menghargai demokrasi, menghargai tamu, dan negara yang mencintai kemanusiaan.
 
"Seperti yang tadi disampaikan dalam khotbah, tidak umum lho, orang-orang Arab itu tidak gampang memuji orang," ucapnya
 
"Itu dipuji di dalam sebuah khotbah. Itu tidak lazim dan Alhamdulillah seorang khatib dan ulama besar, seorang Imam Besar di Masjid Madinah memberikan pujian terhadap Indonesia," lanjutnya.

Baca juga: Imam Besar Masjid Nabawi tekankan sikap moderasi dalam beragama
 
Oleh karenanya Nasaruddin mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk menjaga, merawat, dan memelihara keramah-tamahan yang telah menjadi ciri khas masyarakat Indonesia.
 
"Inilah pesan beliau (Syekh Ahmad). Mari kita merawat keindonesiaan kita, mari kita merawat keislaman kita, dan mari kita merawat toleransi," ungkapnya.
 
Diketahui, selain menjadi khatib dalam ibadah Shalat Jumat, Syekh Ahmad bin Ali Al-Hudhaify turut bertugas menjadi imam dalam ibadah tersebut.

Baca juga: Imam Besar Masjid Nabawi ungkap perasaan rindu ingin datangi Indonesia

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024